alexametrics

Jaksa Jerman Ajukan Permohonan Ekstradisi Eks Pemimpin Catalan

loading...
Jaksa Jerman Ajukan Permohonan Ekstradisi Eks Pemimpin Catalan
Jaksa Jerman ajukan ekstradisi untuk mantan pemimpin Catalonia, Carles Puigdemont. Foto/Istimewa
A+ A-
BERLIN - Jaksa Jerman secara resmi telah mengajukan permohonan ke pengadilan daerah yang lebih tinggi untuk ekstradisi mantan pemimpin Catalan, Carles Puigdemont. Permohonan itu diajukan atas dasar tuduhan terkait dengan perannya dalam kampanye untuk kemerdekaan wilayah Catalonia.

Sekaran nasib Puigdemont berada di tangan pengadilan daerah yang lebih tinggi di Schleswig-Holstein untuk memutuskan ekstradisi atau tidak, meskipun tidak jelas kapan putusan akan dikeluarkan seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (2/6/2018).

Pengadilan Jerman telah membebaskan Puigdemont dengan jaminan dan bulan lalu menolak permohonan lebih lanjut dari jaksa untuk menempatkan dia dalam tahanan.

Jaksa membuat permintaan itu bersama dengan keputusan untuk menentang putusan sebelumnya yang menolak ekstradisi atas tuduhan pemberontakan setelah menerima informasi baru dari pihak berwenang Spanyol termasuk video yang menunjukkan kekerasan terhadap polisi.



Namun, pengadilan mengatakan ekstradisi mungkin dapat dilakukan dengan tuduhan yang lebih rendah dari penyalahgunaan dana publik.

Puigdemont ditangkap pada bulan Maret atas surat perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh Spanyol ketika dia memasuki Jerman, setelah pertama kali meninggalkan Spanyol untuk ke Belgia. Spanyol membubarkan pemerintah daerah Catalan yang dipimpin oleh Puigdemont setelah deklarasi kemerdekaan seiring hasil referendum pemisahan diri yang dilarang pada 1 Oktober tahun lalu.

Madrid telah memblokir setiap upaya kemerdekaan di pengadilan, mengutip konstitusi yang mengatakan Spanyol tidak dapat dipisahkan.

Sebelumnya pada hari Jumat, pemimpin Sosialis Pedro Sanchez telah mengambil alih kursi perdana menteri Spanyol, menggantikan Mariano Rajoy lengser akibat mosi tidak percaya di parlemen.

Pemerintah baru mungkin akan mengedepankan dialog tetapi tidak mungkin untuk membalikkan sikap Madrid terhadap Puigdemont, yang situasinya tergantung pada pengadilan daripada politisi.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak