alexametrics

Rusia Pasok 10 Jet Tempur Su-35 Lagi ke China Tahun Ini

loading...
Rusia Pasok 10 Jet Tempur Su-35 Lagi ke China Tahun Ini
Pesawat jet tempur Su-35 Rusia. Foto/REUTERS/Pascal Rossignol
A+ A-
MOSKOW - Rusia akan memasok lagi sepuluh pesawat jet tempur Su-35 ke China tahun ini sebagai bagian dari kesepakatan senilai USD2,5 miliar. Beijing sejauh ini sudah menerima 14 unit jet tempur multiguna Sukhoi tersebut.

Rencana pengiriman sepuluh pesawat tempur itu telah dikonfirmasi perusahaan senjata negara Rusia, Rostec dalam sebuah pernyataan di Forum Ekonomi Internasional di St Petersburg yang diadakan 24-26 Mei 2018. Pernyataan singkat itu dipublikasikan Interfax, Kamis (24/5/2018).

Pada tahun 2015, Rostec dan pemerintah China menandatangani kesepakatan pengadaan 24 jet tempur Su-35 dengan nilai kontrak USD2,5 miliar. Pada 2016, empat unit jet tempur tersebut sudah dikirim ke Beijing dan sepuluh lainnya telah dikirim pada tahun 2017.

Pesawat jet Su-35 adalah pesawat jet tempur generasi kelima Rusia. Selain China, Indonesia juga membeli sekitar 11 unit yang sebagian akan dikirim pada Oktober tahun ini.



China sendiri sejatinya telah mengembangkan jet tempur siluman generasi kelima, Chengdu J-20. NATO juga memiliki program pengembangan jet tempur generasi kelima, yakni F-35 yang digarap kontraktor pertahanan Amerika Serikat Lockheed Martin.

Su-35 yang memiliki tempat duduk tunggal ini dilengkapi sistem avionik canggih dan memiliki kecepatan supersonik sekitar 1,5 mach dan dianggap mampu melampaui pesawat tempur F-22 Raptor buatan Amerika Serikat.

Kelebihan lainnya, pesawat Su-35 ini memiliki sistem pencarian dan pelacakan inframerah termasuk sensor non-elektromagnetik untuk pendeteksian jarak jauh. Serta peralatan jamming yang mampu menurunkan kemampuan radar pesawat musuh. Termasuk radar untuk mendeteksi sinyal dari belakang guna menembakkan peluru kendali SARH.

Su-35 juga mampu menempuh jarak hingga 4.500 km. Sedangkan jarak tempur maksimal F-22 mencapai 2.000km.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak