alexametrics

Media Jerman Depak Seorang Kartunis Karena Kritik Netanyahu

loading...
Media Jerman Depak Seorang Kartunis Karena Kritik Netanyahu
Suddeutsche Zeitung memecat Hanitzsch setelah kartunis itu membuat sebuah gambar yang mengkritik Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto/Istimewa
A+ A-
BERLIN - Surat kabar terkemuka Jerman, Suddeutsche Zeitung dilaporkan telah memecat salah seorang kartunis mereka bernama Dieter Hanitzsch. Suddeutsche Zeitung memecat Hanitzsch setelah kartunis itu membuat sebuah gambar yang mengkritik Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Kartun Hanitzsch menunjukkan Netanyahu membawa sebuah rudal di tangannya. Dia berdandan seperti penyanyi Israel Netta Barzilai, yang memenangkan kontes Eurovision tahun ini. Dalam kolom dialog dituliskan "Tahun depan di Yerusalem".

Melansir Anadolu Agency pada Minggu (20/5), kartun itu diketahui menyebabkan kegemparan di media sosial dan juga seluruh media Jerman.

Editor-in-Chief Suddeutsche Zeitung, Wolfgang Krach meminta maaf atas munculnya kartun, yang dianggap olehnya berbadu anti-semitisme. Namun, sang kartunis menolak untuk menyampaikan permintaan maaf.



Kartunis berusia 85 tahun itu mengatakan dia ingin mengkritik eksploitasi Netanyahu dari kontes Eurovision untuk tujuannya sendiri dan menuduhnya menyalahgunakan kemenangan Netta Barzilai.

Dia menambahkan, bahwa itu bukan hal yang umum bagi surat kabar untuk memecat kartunisnya, karena membuat sebuah gambar kritikan. "Anda bisa menegurnya, memperingatkan dia, tetapi memecat bukanlah cara yang baik," ucapnya.

Sebelumnya, Hanitzsch telah menggambar kartun yang mengkritik dan bahkan menghina Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Namun, pada saat itu Suddeutsche Zeitung membela Hanitzsch atas dasar kebebasan pers dan kebebasan berekspresi.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak