alexametrics

Saudi Halau Rudal Balistik Houthi di Langit Khamis Mushait

loading...
Saudi Halau Rudal Balistik Houthi di Langit Khamis Mushait
Wilayah Arab Saudi kembali diserang rudal balistik kelompok Houthi Yaman. Foto/REUTERS/File Photo
A+ A-
RIYADH - Pasukan pertahanan udara Arab Saudi mengintersepsi rudal balistik yang ditembakkan kelompok Houthi Yaman ke Kota Khamis Mushait. Rudal pemberontak Yaman itu dihalau sistem anti-rudal saat mencapai wilayah udara kota di sebelah selatan pusat Kerajaan Saudi tersebut.

Ada dua rudal ditembakkan oleh milisi Houthi dari wilayah Yaman yang menuju perbatasan selatan Arab Saudi. Satu misil diintersepsi, misil yang lainnya mendarat di daerah gurun yang tak berpenghuni di Khamis Mushait.

Juru Bicara Koalisi Arab Kolonel Turki al-Maliki mengatakan bahwa satu rudal dihalau pada pukul 18.14 waktu setempat. Sedangkan satu rudal lainnya gagal menargetkan daerah-daerah berpenduduk di kota tersebut.

"Rudal balistik diintersepsi tepat pukul 18.14 malam waktu Riyadh," kata al-Maliki dalam sebuah pernyataan, yang dikutip Khaleej Times, Minggu (20/5/2018).

"Pasukan Pertahanan Udara Kerajaan Saudi melihat rudal lain mendarat di gurun yang tidak berpenghuni. Untungnya, tidak ada laporan tentang kerusakan apa pun sampai saat pernyataan ini dikeluarkan," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa dua misil Houthi ditujukan ke Kota Khamis Mushait dan ditargetkan di daerah sipil yang sibuk.

"Tindakan bermusuhan ini oleh kelompok teroris Houthi yang didukung oleh Iran membuktikan keterlibatan berkelanjutan rezim Iran dalam mendukung HOuthi dengan kemampuan material, dengan jelas menentang Resolusi PBB 2216 dan 2231 untuk melemahkan keamanan Arab Saudi, kawasan dan komunitas internasional," katanya.

"Penembakan rudal balistik di kota-kota dan desa-desa berpenduduk bertentangan dengan hukum humaniter internasional," papar al-Maliki.

Serangan ini hanya berselang beberapa hari setelah rudal balistik ditembakkan dari Saada, Yaman, menuju Arab Saudi pada 15 Mei 2018 lalu.

Awal bulan ini, sistem pertahanan udara Saudi juga menghalau dua misil balistik yang ditembakkan oleh kelompok Houthi Yaman dengan target wilayah Najran dan Jazan.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak