Hadis tentang Sifat Dajjal, Pengikut dan Tempat Keluarnya

Kamis, 25 Januari 2024 - 08:10 WIB
loading...
Hadis tentang Sifat Dajjal, Pengikut dan Tempat Keluarnya
Kebanyakan pengikut Dajjal adalah kaum Yahudi. Ilustrasi: Ist
A A A
Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri mengingatkan bahwa Rasulullah SAW memperingatkan kita dari mengikuti Dajjal atau membenarkannya. Beliau menjelaskan kepada kita sifat-sifatnya agar kita berhati-hati darinya.

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa Dajjal adalah seorang laki-laki, muda, berkulit merah, buta sebelah matanya, tidak mempunyai anak, tertulis di antara kedua matanya ‘ kafir ’ yang bisa dibaca setiap muslim.

Dalam kitab Ringkasan Fiqih Islam Bab:Tauhid dan keimanan, Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri mengutip sebuah hadis :

Dari ‘Ubadah bin ash-Shamit ra, ia berkata, ‘Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya Dajjal adalah seorang laki-laki pendek, berkaki bengkok, keriting, buta sebelah mata, terhapus mata, tidak menonjol dan tidak bermata cekung. Jika disamarkan kepadamu, maka ketahuilah bahwa Rabb kamu Subhanahu wa Ta’ala tidak buta sebelah matanya.’ (HR Ahmad dan Abu Daud)



Tempat Keluarnya Dajjal.

Dari an-Nawwas bin Sam’an ra, ia berkata, ‘Rasulullah SAW menyebutkan Dajjal dan padanya…: ‘Sesungguhnya ia keluar celah-celah di antara Syam dan Iraq. Berbuat kerusakan di kanan dan di kiri.’ (HR Muslim)

Tempat-tempat yang tidak bisa di masuki Dajjal.

Dari Anas ra, ia berkata, ‘Rasulullah SAW bersabda, ‘Tidak ada satu kota melainkan akan diinjak oleh Dajjal kecuali Makkah dan Madinah.’ (Muttafaqun ‘alaih)



Dari seorang laki-laki dari sahabat Nabi SAW, sesungguhnya Nabi SAW menyebutkan Dajjal dan tentangnya ia berkata:

وَلَا يَقْرَبُ أَرْبَعَةَ مَسَاجِدَ، مَسْجِدَ الحَرَامِ، وَمَسْجِدَ المَدِينَةِ، وَمَسْجِدَ الطُّورِ، وَمَسْجِدَ الأَقْصَى. أخرجه أحمد.

… dan ia tidak bisa mendekati empat masjid: Masjidil Haram, masjid Madinah, Masjid ath-Thuur, dan Masjidil Aqsha.’ (HR Ahmad).

Pengikut Dajjal

Kebanyakan pengikut Dajjal adalah kaum Yahudi, Ajam (bangsa selain arab), Turki, dan berbagai manusia, kebanyakannya dari bangsa Arab badui dan wanita.

Dari Anas bin Malik ra, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, ‘Yang mengikuti Dajjal dari Yahudi Asfahan sebanyak 70.000 orang, mereka memakai jubah hijau (yang biasa dipakai ulama Persia).’ (HR. Muslim)

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2360 seconds (0.1#10.140)