Shin Tae-yong Ungkap Alasan Jadikan Elkan Baggott Penyerang Dadakan

Kamis, 25 Januari 2024 - 05:58 WIB
loading...
Shin Tae-yong Ungkap Alasan Jadikan Elkan Baggott Penyerang Dadakan
Shin Tae-yong Ungkap Alasan Jadikan Elkan Baggott Penyerang Dadakan. Foto: Reuters
A A A
DOHA - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di luar dugaan memainkan Elkan Baggott sebagai penyerang saat timnya melawan Jepang. Padahal, posisi asli pemain itu adalah bek.

Elkan turun laga pada menit ke-73 untuk menggantikan Egy Maulana Vikri yang mengalami cedera. Sayangnya, eksperimen pelatih itu tidak menyelamatkan timnya yang kalah 1-3 dari Jepang dalam fase Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024).

Shin Tae-yong mengatakan postur tubuh pemain Jepang tidak lebih baik ketimbang timnya. Jadi, dia memaksimalkan Elkan yang memiliki tinggi 194 cm dalam upaya timnya mencetak gol.

"Saya melihat salah satu titik lemah Jepang adalah soal tinggi, dan soal bola-bola atas," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Rabu (24/1/2024).



Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan pemilihan Elkan Baggott bukan karena meragukan penyerang Timnas Indonesia. Namun, dia mencoba peruntungan dengan memaksimalkan kelemahan lawan.

"Itu lah alasan kenapa saya memasukkan Elkan Baggott di posisi striker," ujarnya.

Kekalahan itu membuat kans Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- cukup tipis untuk melaju ke babak 16 besar. Sebab, tim itu tinggal berharap menjadi empat kontestan peringkat tiga terbaik, tetapi harus menunggu hasil laga di Grup E dan F untuk hitung-hitungan.

Sementara itu, Jepang berhak langsung lolos ke babak 16 besar sebagai runner up Grup D dengan enam poin. Tim itu mendampingi Irak yang menjadi juara dengan sembilan poin.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)