alexametrics

AS Latihan Perang, Korut Ancam Batalkan Pertemuan Trump-Kim Jong-un

loading...
AS Latihan Perang, Korut Ancam Batalkan Pertemuan Trump-Kim Jong-un
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kiri) dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Foto/REUTERS
A+ A-
SEOUL - Pyongyang mengancam akan membatalkan pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Ancaman muncul karena Washington dan Seoul akan memulai latihan perang yang libatkan sekitar 100 pesawat.

Ancaman pembatalan pertemuan bersejarah itu diumumkan North's Korean Central News Agency (KCNA), media pemerintah Korea Utara, Selasa (15/5/2018). Manuver gabungan yang diprotes Pyongyang adalah latihan perang Max Thunder.



"Latihan ini menargetkan kita, yang dilakukan di seluruh Korea Selatan, merupakan tantangan nyata terhadap Deklarasi Panmunjom dan provokasi militer yang disengaja bertentangan dengan perkembangan politik yang positif di Semenanjung Korea," tulis KCNA dalam editorialnya.

"Amerika Serikat juga harus melakukan musyawarah hati-hati tentang nasib konferensi tingkat tinggi (KTT) Korea Utara-AS yang direncanakan sehubungan dengan keributan militer yang provokatif, yang dilakukan bersama dengan pemerintah Korea Selatan," lanjut media Pyongyang tersebut."

Latihan perang Max Thunder gabungan dari militer AS dan Korea Selatan dilaporkan melibatkan 100 pesawat tempur termasuk pesawat pengebom B-52 dan jet tempur F-15K.

Departemen Luar Negeri AS menyatakan bahwa Washington tidak menerima pemberitahuan formal atau pun informal bahwa pertemuan antara Trump dan Kim Jong-un dibatalkan.

Prsiden Trump dilaporkan telah mengetahui ancaman Pyongyang soal pembatalan pertemuan tersebut dari media, bukan dari saluran diplomatik resmi.

Seorang juru bicara pemerintah Trump mengatakan tidak ada yang "provokatif" atau ilegal tentang latihan militer AS dan Korea Selatan. Dia bersikeras para pejabat AS akan terus mempersiapkan pertemuan Trump-Kim Jong-n.

Pekan lalu Trump mengumumkan di Twitter bahwa dia akan bertemu Kim Jong-un pada 12 Juni di Singapura. Pertemuan ini untuk membahas denuklirisasi semenanjung Korea.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak