Apakah Pesawat Kargo Militer AS Bawa Senjata ke Israel lewat Turki?

Selasa, 23 Januari 2024 - 20:30 WIB
loading...
Apakah Pesawat Kargo Militer AS Bawa Senjata ke Israel lewat Turki?
Militer AS diduga menggunakan pesawat C-130J Super Hercules untuk memasok senjata ke Israel. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Rincian dua jalur penerbangan pesawat kargo militer Amerika Serikat (AS) meningkatkan kemungkinan Washington mungkin menggunakan pangkalan militer di Turki untuk memasok Israel dalam perang melawan Gaza.

Satu pesawat kargo C-130J militer AS, dengan tanda panggil HKY130 dan nomor registrasi 19-5932, terbang dari pangkalan udara Aviano AS di Italia menuju Incirlik Turki pada 3 November 2023.

Pesawat kargo kemudian lepas landas dari Turki dan mendarat di RAF Akrotiri pada tanggal 5 November, pangkalan militer besar Inggris di Siprus.

Penerbangan tersebut dicatat oleh Declassified UK, situs investigasi yang pertama kali melihat penerbangan tersebut, bahwa RAF Akrotiri belum menerima penerbangan apa pun dari Incirlik dalam dua bulan sebelum pemboman Israel di Gaza, menurut catatan.

Penerbangan ini juga menarik karena alasan lain: lokasi lepas landas aslinya, pangkalan udara Aviano, adalah rumah bagi Skuadron Amunisi ke-31 AS, yang menyimpan persediaan, personel, dan peralatan siap tempur.

Skuadron yang memiliki ratusan karyawan aktif, memiliki empat timbunan pasokan terpisah senilai USD790 juta.

AS dilaporkan telah memindahkan senjata dan amunisi ke Israel dari seluruh Eropa menggunakan RAF Akrotiri.

Surat kabar Israel Haaretz melaporkan lebih dari 40 pesawat angkut AS telah terbang ke RAF Akrotiri, membawa peralatan dan amunisi dari depot milik AS dan NATO untuk tentara Israel.



Pada tanggal 5 November misalnya, beberapa jam setelah C-130J AS mendarat di RAF Akrotiri, ada penerbangan berangkat ke Tel Aviv, dengan call sign GONZO62 dan nomor registrasi 96-6042.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)