Ribuan Wanita Topless Ikuti Aksi Slut Walk di Tel Aviv

Minggu, 06 Mei 2018 - 09:14 WIB
Ribuan Wanita Topless Ikuti Aksi Slut Walk di Tel Aviv
Ribuan Wanita Topless Ikuti Aksi Slut Walk di Tel Aviv
A A A
TEL AVIV - Ribuan wanita topless berunjuk rasa di Tel Aviv memprotes aksi pemerkosaan dan pelecehan seksual terhadap wanita. Para wanita tersebut menuntut hak mereka untuk menggunakan apa pun yang mereka pilih.

Dalam aksi yang diberi nama 'Slut Walk' ini, para aktivis turun ke jalan-jalan kota pesisir Israel. Mereka berorasi tentang hak-hak perempuan dan menegaskan hak mereka untuk memakai apa yang mereka inginkan tanpa harus disalahkan atas kejahatan seksual terhadap mereka.

"Tahun ini, sekali lagi, kami tidak bisa berjalan di jalanan dengan aman, meskipun jalan-jalan milik kami sama seperti milik mereka," kata penyelenggara aksi di situs web Tel Aviv.

"Tahun ini, sekali lagi, tubuh kami dianggap milik umum. Tahun ini, sekali lagi, kami tidak bisa menolak tanpa dikutuk, apa pun yang kami lakukan, apa pun yang kami kenakan, apa pun yang kami minta atau katakan mereka menyebut kami 'pelacur'," imbuh pernyataan itu.

"Kami akan menunjukkan kepada mereka bahwa 'Slut' adalah nama yang mereka ciptakan untuk membuat kita lemah, untuk menyalahkan kita atas kejahatan yang kita tersinggung - dan kita tidak punya niat untuk menerimanya," demikian bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (6/5/2018).

Gerakan Slut Walk global dikenal dengan aksi protes topless yang menuntut penghormatan terhadap hak-hak perempuan.

Aksi ini awalnya terjadi di Kanada pada tahun 2011 setelah seorang perwira polisi menyebabkan kemarahan selama pidato kepada mahasiswa dengan menyatakan bahwa 'perempuan harus menghindari berpakaian seperti pelacur agar tidak menjadi korban kejahatan'.

Protes serupa terjadi di London akhir tahun yang sama dan sejak itu telah ada demonstrasi topless di Australia, Amerika Serikat dan di seluruh dunia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3201 seconds (0.1#10.140)