Cara Cek IMEI yang Disadap Pinjol, Ikuti Langkahnya Supaya Aman

Jum'at, 19 Januari 2024 - 20:57 WIB
loading...
Cara Cek IMEI yang Disadap Pinjol, Ikuti Langkahnya Supaya Aman
Cara Cek IMEI yang Disadap Pinjol. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Cara cek IMEI yang disadap Pinjol ini penting untuk diketahui mengingat saat ini pihak OJK menyebut jika pihak pinjol punya akses legal ke Camera, Microphone, dan Location, inilah yang membuat mereka dapat mengakses IMEI.



International Mobile Equipment atau IMEI ini pada dasarnya merupakan sistem yang membuat ponsel dapat terautentikasi dengan jaringan seluler, maupun digunakan untuk melacak perangkat yang hilang.

Sehingga jika ada seseorang yang dapat menyadap IMEI, tentunya orang tersebut akan mengetahui dimana letak tempat tinggal pemilik perangkat berada.

Namun dari kasus yang telah ada sebelumnya, penyadapan IMEI ini hanya terjadi bagi pengguna jasa pinjol saja. Karena biasanya ada beberapa pihak pinjol yang meminta nomor IMEI sebelum melakukan pencairan dana.

Jika bertemu dengan pihak pinjol yang seperti ini sebaiknya jangan melakukan tahap lebih lanjut dan mencari pinjaman lain.

Apabila sudah terlanjur, biasanya seseorang yang telah memberikan nomor IMEI tersebut akan mendapatkan pesan dan panggilan aneh, hingga muncul beberapa perubahan tak dikenal di hp.

Cara Cek IMEI yang Disadap Pinjol


Untuk memastikan apakah hp telah disadap pinjol atau tidak, sebaiknya lakukan pengecekan status IMEI dengan beberapa cara berikut.

- Masuk ke "Pengaturan" atau "Setting"
- Pilih opsi "Tentang Ponsel" atau "About Phone"
- Salin nomor IMEI yang ada
- Kunjungi website Kemenperin untuk mengetahui aktif atau tidaknya
- Jika IMEI terdaftar maka akan muncul "IMEI terdaftar di database Kemenperin"

Setelah itu cobalah untuk menghubungi operator jika mencurigai adanya tanda-tanda penyadapan. Nantinya operator akan membantu menangani masalah tersebut.

Untuk berjaga-jaga dan memindai keamanan IMEI, cobalah untuk menginstal aplikasi keamanan yang ada dalam Play Store maupun Apple Store.

Hal yang paling utama dari masalah ini adalah jangan beritahukan nomor IMEI pribadi pada siapapun, sehingga tidak disalahgunakan nantinya.

Itulah cara cek IMEI yang disadap pinjol, perlu diketahui jika cara cek ini memang tidaklah dapat mengetahui pasti apakah IMEI sudah disadap apa belum. Karena itu seseorang perlu mengetahui tanda-tanda penyadapan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)