Jepang Berharap Korut Penuhi Semua Janjinya Mengenai Semenanjung Korea

Jum'at, 27 April 2018 - 19:49 WIB
Jepang Berharap Korut Penuhi Semua Janjinya Mengenai Semenanjung Korea
Jepang Berharap Korut Penuhi Semua Janjinya Mengenai Semenanjung Korea
A A A
TOKYO - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe menyatakan menyambut baik pertemuan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in. Keduanya bertemu di "desa gencatan senjata" Panmunjom, yang berada di perbatasan Korsel dan Korut.

Abe menyatakan, pertemuan ini adalah sebuah langkah positif dan ia sangat mengharapkan Pyongyang untuk mengambil langkah konkrit untuk melaksanakan janji-janjinya yang disampaikan dalam pertemuan tersebut.

"Jepang akan tetap berhubungan dekat dengan Amerika Serikat (AS) dan Korsel mengenai Korut. Jepang tidak ditanggalkan dari proses denuklirisasi," kata Abe dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Jumat (27/4).

Pertemuan antara Jong-un dan Jae-in ini sendiri menjadi sejarah, karena Jong-un menjadi pemimpin Korut pertama yang menyeberang dan menginjakkan kakinya di tanah Korsel sejak perang Korea 1953. Jong-un terlihat disambut Moon usai menyeberangi perbatasan dan menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di tanah Korea Selatan.

Di akhir pertemuan bilateral, keduanya menandatangi sebuah deklarasi bersama. Dalam deklrasi itu keduanya menegaskan bahwa tidak akan ada lagi perang di Semenanjung Korea dan proses menuju babak baru yang penuh perdamaian di wilayah itu telah dimulai.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5048 seconds (0.1#10.140)