Mau Lolos Seleksi di IPDN? Perhatikan Nilai Aman Tes Kebugaran Berikut Ini

Kamis, 18 Januari 2024 - 10:04 WIB
loading...
Mau Lolos Seleksi di IPDN? Perhatikan Nilai Aman Tes Kebugaran Berikut Ini
Salah satu tes kebugaran seleksi di IPDN adalah push up. Nilai aman tes push up untuk laki-laki minimal 35-45 kali dan wanita antara 30-35 kali dengan waktu sekitar 1 menit.Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Ini nilai aman tes kebugaran ujian seleksi di IPDN . Kamu lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan studi dengan masa depan cerah, mendaftar di sekolah kedinasan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menjadi pilihan tepat.

Status lulusan IPDN sebagai PNS atau abdi negara menjadi daya tarik utama kenapa IPDN menjadi pilihan studi tepat. Seperti halnya sekolah kedinasan lain, untuk masuk ke IPDN juga dibutuhkan sejumlah persyaratan ketat, satu di antaranya adalah seleksi tes kebugaran. Untuk lebih jelasnya, artikel kali ini akan membahas tes kebugaran di IPDN, simak ya!

Nilai Aman Tes Kebugaran Seleksi Masuk IPDN


1. Lari


Lari dilakukan selama 12 menit bagi pria, sedangkan wanita lari lebih lama 2 menit, yakni 14 menit. Nilai aman dari tes lari adalah 5,5 kali putaran lapangan sepak bola (kurang lenih 2,5 Km) bagi putra dan minimal 4,5 kali bagi putri.

2. Push Up


Laki-laki sebanyak minimal 35-45 kali dan standar push up untuk wanita antara 30-35 kali dengan waktu sekitar 1 menit.


3. Pull Up


Pull Up adalah gerakan olahraga dengan cara seperti bergantung pada tiang horizontal, kemudian menarik badan ke atas sampai dagu melewati tiang iu dan kembali turun sampai tangan lurus. Nilai aman untuk tes pull up adalah 10-15 kali selama 1 menit untuk putra dan untuk putri adalah sebanyak 60 kali chinning.

4. Sit Up


Sit Up adalah gerakan duduk kemudian bangun. Tes ini bertujuan untuk mengtahui daya tahan serta fleksibilitas otot perut. Sit up 1 menit sebanyak 41 kali untuk putra dan 33 kali untuk putri.

5. Shuttle Run


Shuttle Run merupakan latihan kelincahan yang bertumpu pada gerakan dan tepat dalam mengubah arah melalui gerakan lari secara bolak-balik Nilai aman tes shuttle run adalah 3 kali putaran dalam 20 detik baik putra dan putri, lebih cepat lebih baik.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3102 seconds (0.1#10.140)