alexametrics

Jembatan Lintas Batas Negara

loading...
Jembatan Lintas Batas Negara
Jembatan Lintas Batas Negara. (Koran SINDO).
A+ A-
Jembatan lazim dimanfaatkan untuk menghubungkan daratan melalui sungai, laut, danau, lembah dan sebagainya. Namun diluar hal-hal itu jembatan juga bisa dijadikan media penghubung antar negara atau sebagai penanda batas antar-negara.

Berikut 10 jembatan lintas negara yang menghubungkan wilayah kedua negara atau lebih.

ØRESUND BRIDGE PERBATASAN DENMARK DAN SWEDIA
Kereta api melintasi jembatan ini di Selat Øresund antara Swedia dan Denmark, dan menghubungkan Kopenhagen metropolitan dengan Malmo metropolitan. Total panjang jembatan ini adalah 7.845 meter.

AMBASSADOR BRIDGE - PERBATASAN AMERIKA SERIKAT DAN KANADA
Ada banyak jembatan di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, tetapi Ambassador Bridge, yang menghubungkan Kota Detroit, Michigan dengan Windsor, dan Ontario, merupakan jembatan tersibuk untuk perbatasan internasional di Amerika Utara. Bahkan, lebih dari 25% dari semua perdagangan barang antara negara-negara melewati jembatan ini. Jembatan ini adalah jembatan gantung dengan panjang total 2.300 meter.



JEMBATAN TIGA NEGARA – PERBATASAN PRANCIS DAN JERMAN
Jembatan tiga negara ini terletak dekat tripoint (atau daerah tiga perbatasan) dari Prancis, Jerman dan Swiss, dalam wilayah metropolitan Basel, Swiss. Jembatan ini membentang di Sungai Rhine antara Prancis dan Jerman. Jembatan lengkung indah ini diperuntukkan bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda saja. Panjangnya sekitar 248 meter.

RAINBOW BRIDGE - PERBATASAN AMERIKA SERIKAT DAN KANADA
The Rainbow Bridge memiliki panjang 440 meter. Merupakan jembatan lengkung panjang yang diperuntukan untuk kendaraan dan pejalan kaki yang membentang di Sungai Niagara. Jembatan dibuka pada 1941 dan menghubungkan kota-kota di Niagara, New York dan Air Terjun Niagara, Ontario. Jembatan ini menawarkan pemandangan air terjun Niagara. Namanya terinspirasi dari fakta pelangi yang sering terlihat di atas air terjun.

VICTORIA FALLS BRIDGE – PERBATASAN ZIMBABWE DAN ZAMBIA
Victoria Falls Bridge melintasi Sungai Zambezi tidak jauh dari air terjun Victoria. Jembatan ini merupakan jalur penyeberangan kendaraan dan kereta api yang menghubungkan kota-kota Victoria di Zimbabwe dan Livingstone di Zambia. Jembatan ini memiliki panjang 198 meter. Pembangunan jembatan memakan waktu sekitar satu tahun dan dibuka pada 1905.

BOSPHORUS BRIDGE, TURKI - PERBATASAN GEOGRAPHIC ANTARA EROPA DAN ASIA
Kedua sisi pada Bosphorus Bridge sebetulnya masih berada di wilayah Istanbul, Turki. Namun, jembatan meliputi Selat Bosphorus yang merupakan perbatasan antara Eropa dan Asia. Jembatan ini adalah jembatan gantung yang memiliki panjang 1.560 meter.

JEMBATAN TAJIKISTAN AFGHANISTAN – PERBATASAN TAJIKISTAN DAN AFGHANISTAN
Dibuka pada 2007, jembatan ini memiliki panjang 672 meter, membentang sepanjang Sungai Panj dan menghubungkan Tajikistan dengan Afghanistan. Pembangunan jembatan ini dibiayai oleh Amerika Serikat. Selain jembatan ini ada beberapa jembatan lebih kecil lain yang menghubungkan Tajikistan dan Afghanistan, dibangun di sekitar waktu yang sama seperti jembatan ini.

BRIDGE OF NO RETURN – PERBATASAN KOREA SELATAN DAN KOREA UTARA
Terletak di Zona Demiliterisasi Korea (DMZ) antara Korea Utara dan Korea Selatan. Jembatan itu digunakan untuk pertukaran tawanan pada akhir Perang Korea pada 1953 dan terakhir digunakan untuk tujuan yang sama pada 1968. Kegiatan di jembatan ini dihentikan pada 1976 setelah dua perwira Angkatan Darat Amerika Serikat tewas oleh tentara Korea Utara. Jembatan ini masih dikelilingi oleh banyak pos pemeriksaan di kedua.

NEW EROPA BRIDGE – PERBATASAN BULGARIA DAN RUMANIA
New Eropa Bridge adalah jalan dan rel jembatan yang membentang sepanjang Sungai Danube dan menghubungkan kota-kota Vidin di Bulgaria dan Calafat di Rumania. Dibuka pada 2013, jembatan ini memiliki total panjang 1.971 meter.

ALLENBY BRIDGE (RAJA HUSSEIN BRIDGE) – PERBATASAN ISRAEL DAN YORDANIA
Jembatan Allenby atau jembatan Raja Hussein meliputi Sungai Jordan dan menghubungkan tepi Barat dengan Yordania. Awalnya ada jembatan Ottoman tua di lokasi ini, yang dibangun pada 1885 namun jembatan ini kemudian diganti oleh Inggris pada 1918. Jembatan ini lalu dihancurkan pada 1946 selama Perang Enam Hari 1967. Sebuah jembatan sementara ditetapkan pada 1968 dan setelah perjanjian damai antara Jordania-Israel, jembatan permanen ini dibangun pada akhir 1990-an dan masih ada hingga kini.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak