Turki Kecam Serangan Bom Bunuh Diri di KPU Afghanistan

Senin, 23 April 2018 - 17:57 WIB
Turki Kecam Serangan Bom Bunuh Diri di KPU Afghanistan
Turki Kecam Serangan Bom Bunuh Diri di KPU Afghanistan
A A A
ANKARA - Turki melemparkan kecaman keras atas serangan bom bunuh diri yang mengguncang kantor komisi pemilihan umum Afghanistan. Serangan yang terjadi kemarin tersebut dilaporkan menewaskan 48 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

"Kami mengetahui kabar serangan di pusat pendaftaran pemilih di Kabul yang mengakibatkan hilangnya nyawa banyak saudara dan saudari Afghanistan dan membuat banyak orang terluka," kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan.

"Kami sangat mengutuk serangan teroris keji ini, yang menargetkan perdamaian dan stabilitas Afghanistan. Kami mendoakan mereka yang kehilangan nyawa diampuni dosanya oleh Allah SWT, segera pulih mereka yang terluka, dan menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga korban," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (23/4).

Selain Turki, serangan yang diklaim oleh ISIS ini juga mendapat kecaman keras dari banyak negara dan organisasi internasional, termasuk di dalamnya adalah NATO.

Serangan ini sendiri menggaribawahi meningkatnya kekhawatiran tentang keamanan menjelang pemilu legislatif yang dijadwalkan pada 20 Oktober mendatang. Penyelenggaraan pemilu ini dilihat sebagai uji coba untuk pemilu presiden pada tahun depan.

Serangan besar terakhir yang terjadi di Kabul adalah pada 21 Maret lalu. Kala itu seorang pembom bunuh diri ISIS meledakkan dirinya dalam kerumunan masyarakat yang tengah merayakan liburan Tahun Baru Persia dan menewaskan sedikitnya 33 orang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5216 seconds (0.1#10.140)