Rem Tangan Mobil untuk Ban Belakang atau Depan? Simak Penjelasan Lengkapnya

Selasa, 16 Januari 2024 - 16:25 WIB
loading...
Rem Tangan Mobil untuk Ban Belakang atau Depan? Simak Penjelasan Lengkapnya
Rem Tangan Mobil untuk Ban Belakang atau Depan?. FOTO/ CARSCOOPS
A A A
JAKARTA - Rem tangan mobil yang biasanya digunakan ketika mobil berhenti atau parkir ini masih banyak yang belum mengetahui letak rem tersebut, apakah itu ada di roda depan atau belakang.


Sistem rem tangan pada mobil ini kebanyakan terpasang di roda belakang, meski begitu tetap ada beberapa jenis mobil yang memasang rem tangan di bagian roda depannya, atau bahkan di kedua bagian roda yakni di depan dan belakang.

Pada sebagian besar kendaraan, rem tangan dirancang untuk mempengaruhi roda belakang agar tidak dapat berputar, sehingga kendaraan tetap diam saat di parkir.

Dalam kebanyakan situasi, rem tangan pada roda belakang dianggap lebih efektif karena dapat memberikan kontrol yang lebih baik terhadap kendaraan saat di parkir.

Selain itu, konfigurasi ini juga memastikan bahwa kendaraan tidak bergeser saat di parkir, terutama pada kemiringan.

Fungsi Rem Tangan


Fungsi utama rem tangan sendiri adalah menjaga mobil untuk tetap diam ketika berhenti. Sehingga kebanyakan pengemudi akan menggunakan rem ini ketika parkir atau berhenti di jalan menanjak.

Rem tangan juga bisa memberikan pengaman tambahan ketika sistem rem utama (rem pedal) mengalami kegagalan.

Sebelum mengemudi, rem tangan seringkali digunakan sebagai cara sederhana untuk menguji apakah rem utama berfungsi dengan baik atau tidak.

Karena penerapan rem tangan memungkinkan pengemudi bisa merasakan apakah rem menggigit dengan baik atau tidak, sehingga jika ada masalah yang perlu diatasi dapat diketahui.

Itulah penjelasan tentang rem tangan sebenarnya berada di roda depan atau belakang. Rem ini sebenarnya tidak memiliki tempat pasti, meskipun kebanyakan mobil menempatkannya di bagian belakang.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3833 seconds (0.1#10.140)