Pembebasan Irak: Kisah Khalid bin Walid Kalahkan Pasukan Persia di Mazar

Selasa, 16 Januari 2024 - 11:28 WIB
loading...
Pembebasan Irak: Kisah Khalid bin Walid Kalahkan Pasukan Persia di Mazar
Pasukan Muslimin sudah memperkirakan bahwa Persia akan meminta bantuan kabilah-kabilah Arab di Irak. Ilustrasi: Ist
A A A
Ekspedisi pertama ke Irak dan menguasai Hafir serta membunuh penguasa setempat, Ormizd, meninggalkan dampak besar yang membangkitkan semangat pasukan Muslimin.

Tanpa Ormizd, tentara Persia tak dapat bertahan dan memilih melarikan diri. Mutsanna asy-Syaibani meneruskan pengejarannya memburu mereka, seolah ia tak mau kehilangan jejak sebelum mencapai Mada'in.

Muhammad Husain Haekal dalam bukunya berjudul "Abu Bakr As-Siddiq" yang diterjemahkan dari bahasa Arab oleh Ali Audah (PT Pustaka Litera AntarNusa, 1987) menceritakan kala itu datang berita bahwa sepasukan besar bala tentara Persia dari Mada'in dikirim untuk menghadapi Khalid bin Walid dan pasukannya.

Raja Ardasyir ketika menerima surat Ormizd (penguasa Hafir) sudah memanggil Qarin anak Qaryanis, salah seorang bangsawan tinggi, untuk memimpin angkatan bersenjata sebagai bala bantuan yang diberangkatkan ke kota pelabuhan itu.



Dalam perjalanan ke selatan itu Qarin bertemu dengan Kobad dan Anusyagan yang memimpin sisa-sisa serdadu yang sudah kalah. Qarin menghentikan mereka, ia berbicara dengan mereka agar mereka merasa tenang.

Kemudian ia menggabungkan pasukannya dengan pasukan mereka. Setelah itu mereka bermarkas di Mazar, di tepi kanal yang menghubungkan Tigris dengan Furat.

Musanna yang pada awalnya bermaksud menghabisi sisa-sisa tentara Persia tersadar bahwa hal itu tidak mungkin dilakukan. Musuh terlalu kuat. Oleh karena itu ia mencari tempat bermarkas yang tak jauh dari Mazar.

Selanjutnya ia menulis surat kepada Khalid bin Walid menguraikan segala yang sedang dihadapinya. Setelah menerima kabar itu Khalid khawatir sekali Musanna akan berhadapan dengan pasukan Qarin lalu mengalahkannya. Ini akan melemahkan kekuatan pasukan Muslimin.

Cepat-cepat Khalid berangkat dengan pasukannya. Dalam waktu singkat ia sudah sampai di Mazar. Rupanya Qarin memang sudah mengadakan persiapan matang untuk menyerang Musanna. Pasukan Musanna kini sudah tak tahu lagi apa yang akan ditentukan Allah terhadap mereka.



Ekspedisi Mazar

Beralasan sekali jika kemudian timbul rasa khawatir dalam hati Musanna dan pasukannya itu. Kehancuran Ormizd itu telah menimbulkan rasa dendam yang besar dalam hati pasukan Persia. Mereka datang semua dengan niat hendak membalas dendam. Mereka mengira, dengan hancurnya Mutsanna dan pasukannya yang kini jauh dari markas komando itu, tujuan mereka sudah akan tercapai .

Setelah Khalid sampai di Mazar pihak Persia takut juga meskipun kedatangannya itu tak sampai mengurangi semangatnya. Kobad dan Anusyagan melihat ada kesempatan baik untuk membalas kehancurannya di Hafir itu.

Mereka bertekad menghilangkan coreng di kening, hendak menebus rasa malu dan aib selama ini. Mereka bakar semangat pasukan yang dulu bersama-sama, mereka kerahkan ke medan pertempuran dengan mengobarkan api dendam yang tak pernah padam ke dalam hati pasukan itu.

Dalam benak ketiga panglima ini terbayang, bahwa kalau mereka menyerang Khalid sebelum orang ini siap tempur, kemenangan terhadap pasukan Muslimin pasti di tangan mereka, dan akan dapat mengusir mereka kembali ke Semenanjung dengan kepala tersungkur. Segala harapan dalam angan-angan mereka untuk memerangi Kisra atau pasukannya akan terkikis.



Khalid dalam Perang Mazar

Melihat persiapan pasukan Persia itu, Khalid tetap dengan rencananya yang dibawanya dari Jembatan Besar, dan dengan kekuatannya itu ia akan menyerang mereka.

Mutsanna dan pasukannya melihat Khalid yang berada di depannya itu merupakan pertolongan Allah yang diberikan kepada mereka sebagai suatu mukjizat. Perasaan takut itu sekarang berubah menjadi yakin akan mendapat kemenangan. Maut akan dihadapinya dengan senyum, bukan dengan rasa takut.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2212 seconds (0.1#10.140)