Kim Jong-un: Mulai Hari Ini, Tes Nuklir dan Rudal Korut Dihentikan

Sabtu, 21 April 2018 - 06:16 WIB
Kim Jong-un: Mulai Hari Ini, Tes Nuklir dan Rudal Korut Dihentikan
Kim Jong-un: Mulai Hari Ini, Tes Nuklir dan Rudal Korut Dihentikan
A A A
PYONGYANG - Diktator muda Korea Utara (Korut) Kim Jong-un membuat pengumuman mengejutkan terkait program senjata nuklir dan rudal negaranya. Menurutnya, mulai hari ini (21/4/2018), uji coba senjata nuklir dan rudal balistik antarbenua Pyongyang dihentikan.

Alasan berhentinya tes senjata Korea Utara ini demi mengamankan stabilitas strategis dan perdamaian.

"Mulai 21 April 2018, uji coba nuklir dan uji coba rudal balistik antarbenua akan dihentikan," tulis kantor berita negara Korut, KCNA, mengutip pernyataan Kim Jong-un, pada rapat paripurna Komite pusat Partai Buruh Korea (WPK).

"Pusat uji coba nuklir Korea Utara akan dibuang untuk memastikan transparansi penangguhan uji coba nuklir," imbuh KCNA.

Partai Buruh Korea Utara juga mendukung keputusan pemimpin muda tersebut."Korea Utara tidak akan pernah menggunakan senjata nuklir, kecuali jika ada ancaman nuklir atau provokasi nuklir ke negara kami, dan tidak akan ada proliferasi senjata nuklir dan teknologi nuklir," bunyi pernyataan partai tersebut.

Dalam pengumuman tersebut pemerintah Pyongyang mencatat bahwa penangguhan uji coba nuklir adalah proses penting untuk perlucutan senjata nuklir global. Oleh karena itu, Korea Utara bersedia untuk bergabung dengan upaya denuklirisasi internasional.

Perkembangan luar biasa ini muncul tepat sebelum pertemuan Kim Jong-un dengan presiden Korea Selatan Moon Jae-in digelar akhir bulan ini. Pengumuman itu juga berselang beberapa hari setelah pertemuan Kim Jong-un dengan Direktur CIA yang juga calon Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Michael Pompeo baru-baru ini di Pyongyang.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump, sudah tak sabar ingin bertemu Kim Jong-un untuk membuat kesepakatan bersejarah terkait denuklirisasi Semenanjung Korea.

"Kampanye tekanan maksimum kami akan berlanjut sampai Korea Utara akan melakukan denuklirisasi," kata Trump pada hari Kamis lalu.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, ada jalan terang yang tersedia untuk Korea Utara ketika mencapai denuklirisasi dengan cara yang lengkap dan dapat diverifikasi dan tidak dapat diubah. Ini akan menjadi hari yang luar biasa bagi mereka, ini akan menjadi hari yang luar biasa bagi dunia."
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5309 seconds (0.1#10.140)