4 Cara Menghilangkan Hiperpigmentasi pada Kulit Wajah

Selasa, 16 Januari 2024 - 10:37 WIB
loading...
4 Cara Menghilangkan Hiperpigmentasi pada Kulit Wajah
Hiperpigmentasi merupakan kondisi adanya perubahan warna kulit menjadi lebih gelap pada bagian tertentu. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Hiperpigmentasi merupakan kondisi adanya perubahan warna kulit menjadi lebih gelap pada bagian tertentu. Biasanya terlihat ada bercak pada kulit yang tampak berbeda dibandingkan dengan area sekitar kulit lainnya.

Kondisi ini dapat terjadi karena produksi melanin yang berlebih akibat terlalu sering terpapar sinar ultraviolet. Hiperpigmentasi bukan hanya terjadi pada kelompok usia tua, melainkan juga pada mereka yang masih muda jika terlalu sering terpapar sinar matahari langsung tanpa menggunakan sun protector.

Kalau sudah terlanjur memiliki hiperpigmentasi pada kulit, beberapa cara di bawah ini dapat membantu Anda mengatasi hiperpigmentasi pada kulit wajah, dikutip berbagai sumber, Selasa (16/1/2024).


1. Retinol

Retinol kini semakin banyak dikenal publik untuk perawatan antiaging. Retinol adalah salah satu bahan aktif yang membantu mencegah reseptor yang mengatur berapa banyak pigmen yang keluar dari kulit. Kandungan ini juga dapat mengeksfoliasi kulit sehingga dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi pada kulit.

Jika belum pernah menggunakan retinol, sebaiknya Anda mencobanya dari kadar yang rendah dan jangan digunakan setiap hari, melainkan seminggu 3 kali dengan jeda waktu tertentu. Retinol dapat membantu mencerahkan kulit serta memperbaiki tampilan garis-garis halus, kerutan, dan perubahan warna kulit.

2. Chemical Peeling

Perawatan ini menggunakan cairan asam yang tinggi untuk membantu pengelupasan kulit, sehingga terjadi regenerasi kulit yang baru. Tentu untuk melakukan perawatan ini tidak bisa sembarangan dan harus dibantu oleh dokter atau ahli. Pada saat dalam proses chemical peeling maupun sesudahnya, kulit menjadi lebih sensitif. Maka penggunaan sunscreen sangat diperlukan untuk melindungi kulit.


3. Mesotherapy

Perawatan mesotherapy umumnya menggabungkan berbagai zat aktif ke dalam lapisan kulit melalui suntikan. Zat-zat aktif tersebut langsung dimasukkan ke lapisan kulit agar lebih efektif mengatasi permasalahan kulit seperti hiperpigmentasi, flek hitam, dan bekas jerawat. Perawatan ini juga mudah ditemukan di berbagai klinik kecantikan dan untuk hasil yang lebih optimal, biasanya dibutuhkan 3 kali perawatan secara konsisten.

4. Perawatan Laser

Salah satu cara untuk mengobati hiperpigmentasi pada kulit yaitu dengan menggunakan laser. Perawatan laser biasanya dilakukan dengan menembakkan spektrum cahaya pada bagian yang terdapat hiperpigmentasi. Cahaya tersebut akan menghasilkan panas yang dapat menghilangkan pigmen pada kulit. Biasanya setelah perawatan laser, kulit menjadi kemerahan dalam beberapa waktu tertentu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)