6 PTN yang Menerima Mahasiswa Baru Jalur Khusus Hafidz Alquran, Ada IPB, UI hingga UGM

Selasa, 16 Januari 2024 - 10:01 WIB
loading...
6 PTN yang Menerima Mahasiswa Baru Jalur Khusus Hafidz Alquran, Ada IPB, UI hingga UGM
Selain jalur SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri, saat ini ada 6 PTN yang membuka jalur seleksi bagi calon mahasiswa berprestasi di bidang hafidz Alquran,. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 PTN yang menerima mahasiswa baru jalur khusus Hafidz Alquran. Selama ini kita mengenal setidaknya ada 3 jalur utama seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan jalur Mandiri.

Namun tahukan kamu, ternyata ada juga PTN yang membuka jalur lain untuk menerima mahasiswa baru, salah satunya yang perlu diketahui adalah jalur khusus Hafisz Alquran. Mengutip akun Instagram @masukptn, artikel kali ini akan membahas 6 PTN yang membuka jalur seleksi bagi calon mahasiswa berprestasi di bidang hafidz quran, kampus mana saja? Simak ya!

6 PTN yang Menerima Mahasiswa Baru Jalur Khusus Hafidz Alquran


1. IPB University


Kampus IPB memberikan jalur khusus bagi mahasiswa yang berprestasi dalam hafidz Alquran melalui jalur PIN (Prestasi Internasional dan Nasional). Bagi calon mahasiswa yang minimal hafal 5 juz hingga 29 juz, akan mendapatkan apresiasi setara dengan Prestasi Olimpiade Nasional. Sedangkan bagi calon peserta yang mampu menghafal hingga 30 juz, akan diapresiasi setara dengan Prestasi Olimpiade Internasional.

2. Universitas Indonesia (UI)


Universitas Indonesia merupakan kampus favorit di Indonesia yang banyak diminati. Kampus ini ternyata menyediakan seleksi masuk jalur hafidz Alquran, bagi calon mahasiswa yang hafal minimal 2 juz.


Mengenai semua persyaratan dan informasi selengkapnya, dapat dilihat di website resmi Universitas Indonesia, yaitu http://beasiswa.ui.ac.id/web/.

3. Universitas Airlangga


Universitas Airlangga juga memberikan kesempatan bagi hafidz Alquran, bahkan kampus ini menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa yang hafal minimal 5 juz. Beasiswa tersebut akan diberikan setelah calon mahasiswa dinyatakan lolos seleksi, dan akan memperoleh dana pendidikan selama satu semester penuh.

4. Universitas Gajah Mada (UGM)


Universitas Gajah Mada menerima calon mahasiswa dalam bentuk beasiswa melalui jalur penghafal Alquran, khusus untuk fakultas kedokteran.

Beasiswa yang diberikan mencakup uang saku hingga bebas biaya pendidikan selama delapan semester, apabila memenuhi syarat dan lolos dalam seleksi.

5. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)


Universitas Negeri Jakarta menerima calon mahasiswa bagi penghafal Alquran. Seluruh informasi pendaftaran, dan syarat pendaftaran dapat dilihat di website resmi UNJ yaitu di https://penmaba.unj.ac.id/mandiri-prestasi/.

6. Universitas Syiah Kuala


Universitas Syiah Kuala memberikan beasiswa bagi calon mahasiswa yang menghafal Aluran minimal 10 juz.Benefit yang diberikan oleh kampus ini, mahasiswa gratis kuliah selama satu semester. Namun, bagi mahasiswa yang dapat menghafal hingga 30 juz, maka akan dibebaskan biaya SPP selama masa perkuliahan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)