UE Desak Iran dan Rusia Berhenti 'Bermain-main' di Suriah

Rabu, 18 April 2018 - 22:07 WIB
UE Desak Iran dan Rusia Berhenti \Bermain-main\ di Suriah
UE Desak Iran dan Rusia Berhenti 'Bermain-main' di Suriah
A A A
BRUSSELS - Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk menyatakan serangan udara baru-baru ini yang dilakukan Amerika Serikat (AS) terhadap rezim Bashar al-Assad diperlukan dan sebanding. Dia kemudian mendesak Rusia dan Iran untuk berhenti "bermain-main" di wilayah tersebut.

Berbicara di depan Parlemen Eropa Tusk mengatakan bahwa penggunaan senjata kimia, di mana pun di dunia, tidak boleh menjadi hal yangbiasa terjadi. Hal ini juga tidak bisa dibiarkan saja ketika hal itu terjadi.

"Serangan udara itu diperlukan dan sebanding untuk mencegah penggunaan lebih lanjut senjata kimia oleh rezim Suriah untuk membunuh rakyatnya sendiri. Kami sangat mendesak bahwa semua pihak di Suriah terlibat dalam proses politik yang dipimpin PBB untuk mengakhiri tragedi ini," ucap Tusk.

"Di atas segalanya, Rusia dan Iran harus berhenti bermain-main dan serius terlibat dalam mencari solusi yang bertanggung jawab dan damai," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (18/4).

Terkait dengan serangan ke Suriah, Presiden Prancis, Emanuel Macron mengakui bahwa serangan terhadap Suriah tidak akan menyelesaikan masalah apapun.

Macron menyatakan serangan itu tidak akan menghentikan perang di Suriah, atau menghentikan rezim Assad melakukan serangan terhadap warganya sendiri. Namun, menurutnya serangan ini harus dilakukan demi kehormatan komunitas internasional.

"Prancis, AS dan Inggris dipaksa untuk meningkatkan dan membela "kehormatan" komunitas internasional," kata Macron.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3580 seconds (0.1#10.140)