9 Kesalahan Fatal yang Berpotensi Jadi Penyebab Gagal Lolos SNBP 2024

Senin, 15 Januari 2024 - 06:09 WIB
loading...
9 Kesalahan Fatal yang Berpotensi Jadi Penyebab Gagal Lolos SNBP 2024
Tahap pendaftaran SNBP tidak hanya dilakukan siswa tetapi juga melibatkan pihak sekolah.Sebab itu, peserta didik dan pihak sekolah harus terus berkoordinasi agar tak terjadi kesalahan khususnya saat pengisian data. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 9 kesalahan fatal yang berpotensi jadi penyebab gagal lolos SNBP 2024. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) menjadi salah satu jalur pertama seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Nilai rata-rata rapor menjadi faktor penentu utama lolos tidaknya seseorang di SNBP. Meski demikian, ada sejumlah faktor kesalahan yang berpotensi besar membuyarkan ambisi seseorang untuk bisa lolos SNBP. Apa saja faktor itu, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

9 Kesalahan Fatal yang Berpotensi Jadi Penyebab Gagal Lolos SNBP 2024


1. Kurang Teliti Isi Data


Tahap pendaftaran SNBP tidak hanya dilakukan siswa tetapi juga melibatkan pihak sekolah.Sebab itu, peserta didik dan pihak sekolah harus terus berkoordinasi agar tak terjadi kesalahan khususnya saat pengisian data.

Jangan menyerahkan seluruh proses kepada pihak sekolah, tetapi peserta didik juga harus mencari tahu informasi terkait dokumen apa saja yang diperlukan untuk pendaftaran SNBP 2024.

2. Mengabaikan Informasi Resmi


Hal berikutnya yang kerap dilakukan adalah mengabaikan informasi resmi yang berkaitan dengan proses pendaftaran SNBP 2024.
Pastikan peserta didik membaca atau mencari informasi resmi dari laman maupun media sosial SNPMB dan jangan hanya terpaku pada informasi dari guru atau teman.


3.Foto Tidak Sesuai


Kesalahan format foto ketika mendaftar SNBP juga sering dilakukan peserta didik pada saat mendaftar. Pastikan ketika ada ketentuan dari SNPMB untuk mengunggah foto normal maka peserta didik wajib mengikuti dan bukan foto selfie.

Perhatikan juga ketentuan warna latar belakang foto, hal ini wajib karena foto pendaftaraan akan digunakan sebagai identitas saat verifikasi nilai SNBP atau kelulusan.

4. Portofolio Tidak Sempurna


Ada beberapa jurusan yang tidak hanya mensyaratkan nilai rapor, tetapi ada juga yang punya ketentuan harus melampirkan portofolio seperti jurusan Seni dan Olahraga.

Jadi pastikan peserta didik tidak asal-asalan dalam membuat dan menyiapkan portofolio apalagi tidak sesuai dengan jurusan yang dipilih. Pahami juga portofolio yang ditetapkan oleh masing-masing jurusan agar tak ada kesalahan.

5. Tidak Melakukan Analisis Nilai Rapor


Sangat penting bagi peserta didik melakukan analisis terhadap nilai rapor bertujuan untuk memprediksi peluang lolos. Apabila nilai rapor konsisten naik dengan nilai rata-rata tinggi, maka peserta didik ada kesempatan untuk memilih jurusan favorit dengan keketatan yang tinggi.

Sebaliknya jika nilai rapor peserta didik standar, maka sebaiknya memilih jurusan dengan persaingan yang aman atau sepi peminat agar peluang lolos lebih besar.

6. Tidak Melampirkan Sertifikat dan Prestasi


Kesalahan fatal berikutnya adalah peserta didik tak melampirkan sertifikat maupun prestasi yang dimiliki saat mendaftar SNBP 2024. Padahal sertifikat prestasi ini jadi pertimbangan untuk bisa menambah nilai di SNBP 2024, namun pastikan melampirkan sertifikat sesuai ketentuan.

7. Asal Pilih Jurusan


Pilihlah jurusan yang sesuai dengan bakat serta minat, jangan pilih jurusan karena mengikuti teman atau disuruh guru maupun orang tua.Setelah yakin, selanjutnya pertimbangkan daya tampung serta keketatan dari jurusan tersebut. Jika peserta didik tak memiliki nilai rapor yang cukup bagus, carilah alternatif jurusan lain yang sesuai dengan nilai rapor tersebut.

8. Daftar Mepet Waktu


Mendaftar saat mendekati batas waktu pendaftaran akan membuat peserta didik panik dan terburu-buru. Sehingga sangat berpotensi menyebabkan terjadinya kesalahan ketika pengisian data pendaftaran SNBP 2024. Belum lagi jika terjadi server down lantaran banyak sekali yang mengakses website saat mendekati batas waktu pendaftaran.

9. Percaya Diri Berlebihan


Kesalahan fatal terakhir adalah terlalu percaya diri sehingga peserta didik tak mempersiapkan diri menghadapi UTBK SNBT. Percaya diri boleh saja, akan tetapi jangan sampai fokus teralihkan dan justru sibuk menunggu pengumuman SNBP sampai lupa belajar untuk menghadapi UTBK SNBT.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6813 seconds (0.1#10.140)