alexametrics

Hati Ratu Prancis Hilang Digasak Pencuri

loading...
Hati Ratu Prancis Hilang Digasak Pencuri
Peti emas berisi hati Ratu Prancis, Anne of Brittany, hilang digondol pencuri. Foto/Istimewa
A+ A-
PARIS - Sebuah peti emas abad ke-16 yang berisi hati seorang perempuan yang dua kali terpilih menjadi Ratu Prancis telah dicuri. Demikian laporan media harian Inggris, The Telegraph.

Dalam laporannya, surat kabar Inggris itu menyebut kotak berbentuk oval berukuran 15,24 cm berisi hatu Anne of Brittany dicuri oleh pencuri. Pencuri tersebut berhasil menerobos masuk jendela Museum Thomas-Dobree di kota Nantes, Prancis barat pada akhir pekan lalu seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (17/4/2018).



Anne of Brittany dimakamkan di Saint Denis dekat Paris ketika ia meninggal pada 1514, tetapi hatinya disimpan di makam keluarganya di Nantes untuk menunjukkan kesetiaannya kepada Brittany.

Peti yang dihiasi oleh mahkota emas dengan sembilan bunga lili, dan mempunyai motif kerajaan itu dianggap sebagai mahakarya. Peti itu telah dipajang di museum selama lebih dari 130 tahun.

Pencurian itu telah menciptakan kemarahan di kalangan masyarakat.

"Pencuri telah menyerang warisa kita bersama. Mencuri barang yang tidak ternilai harganya," kata presiden departemen Loire-Atlantique yang memiliki museum itu, Philippe Grosvalet seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (17/4/2018).

Anne The Britany adalah wanita yang kaya raya pada masanya. Ia meninggal pada tahun 1514 dalam usia 36 tahun.

Ia menikahi Charles VIII dari Prancis pada tahun 1491 dan menjadi permaisuri pada umur 12 tahun. Saat Charles VIII meninggal tanpa pewaris delapan tahun kemudian, Anne menikahi Louis XII dan menjadi satu-satunya perempuan yang dinobatkan sebagai ratu Prancis selama dua periode.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak