alexametrics

Badai Musim Semi, Ratusan Penerbangan di AS Dibatalkan

loading...
Badai Musim Semi, Ratusan Penerbangan di AS Dibatalkan
Badai musim semi melanda wilayah Amerika Serikat di bagian selatan. FOTO/LA Times
A+ A-
ATLANTA - Badai musim semi mematikan melanda Amerika Serikat (AS) di bagian selatan dengan membawa tornado. Sedangkan di bagian AS barat, badai itu menyebabkan turun salju dan membatalkan ratusan penerbangan.

Badan Cuaca Nasional (NWS) menyatakan badai musim semi itu melanda Perairan Teluk hingga wilayah Midwest dan bergerak menuju timur laut dan New England. Badai itu juga meng akibatkan hujan deras dan angin kencang sehingga ribuan rumah di AS tidak mendapatkan pasokan listrik. Lebih dari 750 penerbangan di berbagai bandara di Minnesota dan Toronto, Kanada, dibatalkan sejak Sabtu dan kemarin.

"Salju setinggi 30 cm melanda wilayah Wisconsin utara, Michigan, dan North Dakota," kata pakar meteorologi NWS di College Park, Maryland, AS, Marc Chenard, dilansir Reuters.

Khusus di New England, pemerintah lokal sudah memperingatkan warga untuk menghadapi badai salju. Namun, udara hangat juga bergerak ke Teluk Meksiko. Temperatur di Orlando, Florida, mencapai 32 derajat Celsius pada Sabtu lalu. Dengan badai musim semi akan menurunkan temperatur. Di temperatur di Washington sudah mencapai 12 derajat Celsius.

Badai salju sudah melanda Minneapolis dan Saint Paul dengan ketinggian salju sudah mencapai 35 cm. Itu mengakibatkan kekacauan luas biasa. Otoritas di Minnesota menutup beberapa jalan tol dan meminta warga tidak bepergian. "Ini pengalaman dingin bagi saya, pengalaman terbaik di Minneapolis," kata Niko Heiligman, wisatawan asal Aachen, Jerman, yang berjalan sepanjang Sungai Mississippi di Minneapolis. "Saya di sini sendirian pada akhir pekan. Banyak salju dan dingin. Ini keren," katanya.

Badai salju melanda Minnesota, Wisconsin, dan Michigan, sebelum akhirnya bergerak ke New York dan New England. Di Wisconsin, badai salju menum puk hingga 35 cm kemarin malam. NWS memperingatkan kawasan New York akan menghadapi badai es, termasuk wilayah Buffalo dan Rochester. Mereka juga memperingatkan banjir di Badai Michigan di Wisconsin dan Illinois.

Kemudian Chenard mengungkapkan, badai musim semi juga mengakibatkan tornado di Semenanjung Florida hingga North Carolina, South Carolina, dan Virginia. "Memang belum ada peringatan tornado yang dikeluarkan di wilayah tersebut. Tapi, kondisi terciptanya tornado bisa saja terjadi kapan saja," ungkapnya.

Pada Jumat (13/4/2018), badai musim semi juga mengakibatkan 17 tornado di Arkansas, Louisiana, Missouri, dan Texas.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak