NATO Yakin Serangan di Suriah Tak Pengaruhi Upaya Damai

Minggu, 15 April 2018 - 19:14 WIB
NATO Yakin Serangan di Suriah Tak Pengaruhi Upaya Damai
NATO Yakin Serangan di Suriah Tak Pengaruhi Upaya Damai
A A A
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenbergmenuturkan, NATO percaya bahwa aksi militer yang dilakukanPrancis, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) di Suriah tidak akan mengancam penyelesaian politik di negara Timur Tengah tersebut.

"Tidak. Sebenarnya sebaliknya, saya pikir jika kita diam, dan menerima penggunaan senjata kimia, itu akan merusak upaya untuk menemukan solusi politik. Jadi, kami sangat menyatakan dukungan untuk proses politik yang dipimpin PBB, tidak ada solusi militer untuk konflik di Suriah," ungkapStoltenberg.

"Tetapi pada saat yang sama, saya pikir itu benar-benar akan berbahaya jika komunitas internasional menerima penggunaan senjata kimia dan oleh karena itu kami mendukung tindakan yang diambil AS, ucapnya,seperti dilansir Sputnik pada Minggu (15/4)

Dirinya kemudianmenyatakan, semua negara anggota NATOmendukung penuh serangan yang dilancarkan oleh ketiga negara itu terhadap fasilitas militer Suriah.

"Negara anggota NATO menyatakan dukungan penuh untuk tindakan yang dimaksudkan untuk menghancurkan senjata kimia rezim Suriah dan mencegah serangan senjata kimia lebih lanjut terhadap rakyat Suriah," kata Stoltenberg.

Stoltenberg kemudian mencatat bahwa serangan yang dilancarkan oleh AS cs di Suriah sangat presisi, proporsional, dan hanya ditujukan untuk fasilitas senjata kimia Suriah saja.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4070 seconds (0.1#10.140)