Sekjen PBB: Perang Dingin Telah Kembali

Sabtu, 14 April 2018 - 03:39 WIB
Sekjen PBB: Perang Dingin Telah Kembali
Sekjen PBB: Perang Dingin Telah Kembali
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB memperingatkan Dewan Keamanan bahwa ketegangan di Timur Tengah menimbulkan ancaman bagi perdamaian global. Ia pun menyerukan kepada pihak-pihak yang terlibat untuk mencegah eskalasi militer yang menjulang di Suriah.

Antonio Guterres mengatakan banyak konflik di Timur Tengah telah menjerumuskan kawasan itu ke dalam kekacauan yang mengancam perdamaian dan keamanan. Ini termasuk tidak hanya yang regional, seperti pembagian Syiah-Sunni atau konflik Arab-Palestina, tetapi juga konfrontasi antara Rusia dan Barat.

"Perang Dingin kembali dengan pembalasan dendam, tetapi dengan perbedaan," katanya pada pembukaan rapat Dewan Keamanan PBB.

"Mekanisme dan pengamanan untuk mengelola risiko eskalasi yang ada di masa lalu tampaknya tidak lagi hadir," imbuhnya seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (14/4/2018).

Menurut Guterres ada banyak poin kekerasan dan ketegangan di Timur Tengah. Namun situasi di Suriah menimbulkan ancaman paling serius bagi perdamaian dan keamanan internasional.

"Di Suriah, kami melihat konfrontasi dan perang proksi yang melibatkan beberapa tentara nasional, sejumlah kelompok oposisi bersenjata, banyak milisi nasional dan internasional, pejuang asing dari mana-mana di dunia, dan berbagai organisasi teroris," tutur Guterres.

"Selama delapan tahun yang panjang, rakyat Suriah telah mengalami penderitaan di atas penderitaan," imbuhnya.

Guterres menyesalkan kegagalan DK PBB minggu ini untuk mengeluarkan mandat untuk menyelidiki laporan penggunaan senjata kimia di Suriah. Ia pun menawarkan dukungannya untuk pemeriksaan terbatas oleh OPCW yang saat ini sedang berjalan di Douma.

Pria asal Portugal ini pun meminta anggota DK PBB untuk mengatasi perbedaan mereka dan mulai bertindak sesuai dengan posisinya.

"Meningkatkan ketegangan dan ketidakmampuan untuk mencapai kompromi dalam pembentukan sebuah mekanisme akuntabilitas mengancam mengarahkan eskalasi pada militer penuh," ia memperingatkan.

"Dalam kontak saya dengan Anda - terutama dengan Anggota Tetap Dewan Keamanan - saya telah mengulangi kekhawatiran saya yang mendalam tentang risiko kebuntuan saat ini dan menekankan perlunya untuk menghindari situasi yang terjadi di luar kendali," cetusnya.

Amerika Serikat (AS) dan sekutunya sedang mempertimbangkan meluncurkan serangan rudal terhadap Suriah setelah serangan bahan kimia yang dicurigai, tindakan yang Rusia - yang pasukannya ada di sana mendukung pemerintah - mengatakan akan mengambil risiko memulai perang.

Rusia sendiri menuduh Inggris sebagai pihak yang memalsukan dugaan serangan kimia tersebut, sebuah tuduhan yang dianggap Inggris sebagai "kebohongan yang luar biasa".
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4649 seconds (0.1#10.140)