Ikut Aksi Militer AS di Suriah, Putin Peringatkan Macron

Sabtu, 14 April 2018 - 00:21 WIB
Ikut Aksi Militer AS di Suriah, Putin Peringatkan Macron
Ikut Aksi Militer AS di Suriah, Putin Peringatkan Macron
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, memperingatkan mitranya dari Prancis Emmanuel Macron atas tindakan yang dianggap buruk dan berbahaya di Suriah.

Dalam panggilan telepon melalui situasi yang meningkat, Macron menyatakan "keprihatinan mendalam" dengan pemimpin Rusia atas meningkatnya eskalasi di Suriah.

Menurut pernyataan oleh kepresidenan Prancis, Macron menyerukan dialog antara Prancis dan Rusia secara berkelanjutan dan intensif untuk membawa perdamaian dan stabilitas ke Suriah.

Rekaman Kremlin mengatakan bahwa Putin memperingatkan agar tidak terburu-buru menyalahkan pemerintah Suriah sebelum melakukan penyelidikan menyeluruh dan obyektif.

Pemimpin Rusia memperingatkan terhadap tindakan yang dianggap buruk dan berbahaya yang akan memiliki konsekuensi di luar dugaan.

"Putin dan Macron menginstruksikan Menteri Luar Negeri dan Pertahanan mereka untuk mempertahankan hubungan dekat untuk deeskalasi situasi", kata Kremlin seperti dikutip dari Independent, Sabtu (14/4/2018).

Para pejabat Rusia - keduanya di Moskow dan berbicara di PBB - dengan cepat membantah serangan kimia di Douma pasca munculnya sejumlah gambar para korban.

Sebuah serangan gas beracun yang dicurigai di pinggiran Ibu Kota Suriah, yang menewaskan lebih dari 40 orang, telah membuat kemarahan internasional.

Amerika Serikat (AS), Prancis, dan Inggris telah berkonsultasi tentang peluncuran serangan militer di Suriah.

Prancis dilaporkan menjadi salah satu pendukung terkuat dari kemungkinan serangan, yang sangat ditentang Rusia.

Berbicara di televisi nasional Prancis pada hari Kamis, Macron mengatakan Prancis memiliki bukti bahwa pemerintah Suriah meluncurkan serangan gas klorin dan telah melewati batas yang dapat memicu serangan udara Prancis.

Baca Juga: Baca: Rusia Sebut Serangan Kimia di Suriah Buatan Pihak Asing(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4302 seconds (0.1#10.140)