5 Alasan Amerika Serikat Menjadi Sekutu Terdekat Israel

Jum'at, 12 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Setelah serangan teror 9/11, uang tersebut membantu memacu kemajuan dalam teknologi pengawasan dan sinyal intelijen Israel, yang pada tahun 2000an, “setidaknya sama baiknya dan dalam beberapa kasus lebih baik daripada Amerika Serikat,” kata Beinin. .

Pada tahun 2011, Israel menerapkan Iron Dome – sistem pertahanan rudal udara jarak pendek yang menggunakan teknologi radar untuk menghancurkan roket yang ditembakkan oleh Hamas dan kelompok militan lainnya. Sistem ini menggunakan komponen buatan AS, dan sebagian didanai oleh AS.

Saat ini, Israel menerima bantuan militer sebesar USD3,8 miliar dari AS setiap tahunnya berdasarkan sebuah memorandum yang ditandatangani pada tahun 2019. Jumlah tersebut mencakup sekitar 16 persen dari total anggaran militer Israel pada tahun 2022 – jumlah yang signifikan, namun tidak terlalu besar sehingga Israel masih bergantung pada bantuan AS dalam hal bantuan militer. seperti dulu.

“Hubungan ini telah memainkan peran besar dalam kemajuan kecanggihan angkatan bersenjata Israel,” kata Michael Hanna, direktur International Crisis Group asal AS, sebuah organisasi yang berfokus pada pencegahan konflik, dilansir Vox “Hubungan Israel [dengan AS] juga unik di kawasan ini dan hal ini ditunjukkan dalam komitmen AS untuk mempertahankan keunggulan militer kualitatif Israel, yang bertujuan untuk menjamin bahwa Israel tetap unggul secara militer dibandingkan militer regional lainnya.”

Israel juga telah mengembangkan kemampuan manufaktur yang canggih sehingga hanya ada sedikit senjata atau kerajinan yang tidak dapat diproduksi sendiri tanpa bantuan AS, kata Beinin. Pengecualian mungkin terjadi pada jet tempur F-16 dan F-35, tetapi bahkan sebagian dari pesawat tersebut saat ini diproduksi di Israel. Hal ini menjadikan Israel sebagai eksportir militer terbesar ke-10 di dunia – dan juga membuat AS bergantung pada Israel.

“Kompleks pengawasan industri militer kedua negara saling terkait erat,” kata Beinin. “Kapasitas Amerika sekarang sampai batas tertentu bergantung pada Israel.”

3. Memiliki Ikatan Ekonomi

5 Alasan Amerika Serikat Menjadi Sekutu Terdekat Israel

Foto/Reuters

AS memiliki ikatan sejarah dan ekonomi yang kuat dengan Israel. AS, yang telah mendukung pembentukan negara Yahudi sejak Perang Dunia II, adalah mitra dagang utama Israel, dengan perdagangan bilateral tahunan barang dan jasa senilai hampir USD50 miliar.

Selain itu, para pejabat AS juga telah lama menyatakan bahwa hubungan Amerika dengan Israel mempunyai nilai strategis sebagai kekuatan stabilisasi di Timur Tengah, mencegah kerusuhan yang akan mengancam akses terhadap pasokan minyak regional yang masih menjadi ketergantungan Amerika.

Awalnya, Israel berfungsi sebagai kekuatan penyeimbang pengaruh Soviet, namun pemikiran ini tetap bertahan bahkan setelah Perang Dingin. Dan hal ini menjadi lebih luas lagi setelah peristiwa 9/11, ketika diketahui bahwa beberapa pelaku serangan adalah warga negara Arab Saudi, yang dianggap AS sebagai sekutu penting lainnya di wilayah tersebut.

Meragukan bahwa AS akan terus bergantung pada Saudi, AS lebih bersandar pada Israel berdasarkan persepsi bahwa Israel mempunyai nilai-nilai dan kepentingan yang sama. Hal ini mencakup komitmen bersama terhadap demokrasi, meskipun rencana Netanyahu yang tidak demokratis untuk merombak sistem peradilan Israel baru-baru ini mempertanyakan hal tersebut.

4. Merepresentasi AS di Timur Tengah

5 Alasan Amerika Serikat Menjadi Sekutu Terdekat Israel

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0839 seconds (0.1#10.140)