Inggris Bakal Kerahkan Kapal Induk dan Kapal Perang ke Samudra Hindia, Ada Apa?

Kamis, 11 Januari 2024 - 09:16 WIB
loading...
Inggris Bakal Kerahkan Kapal Induk dan Kapal Perang ke Samudra Hindia, Ada Apa?
Inggris berencana mengerahkan kapal perang dan kapal induk ke Samudra Hindia. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Inggris berencana untuk mengerahkan sejumlah kapal perang ke Samudra Hindia akhir tahun ini dan sebuah kapal induk ke wilayah tersebut pada 2025.

Menurut London, pengerahan aset-aset tempur itu untuk misi pelatihan dan operasi bersama dengan pasukan India seiring kedua negara memperkuat hubungan keamanan.

Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps mengatakan Royal Navy’s Littoral Response Group akan mengunjungi kawasan Samudra Hindia tahun ini dan Carrier Strike Group pada tahun berikutnya.



“Tidak diragukan lagi bahwa persaingan dunia semakin meningkat, jadi sangat penting bagi kami untuk terus membangun hubungan strategis dengan mitra utama seperti India,” kata Shapps dalam sebuah pernyataan saat Menteri Pertahanana India Rajnath Singh mengunjungi Inggris pada Rabu.

“Bersama-sama kami menghadapi tantangan keamanan yang sama dan teguh pada komitmen kami untuk menjaga Indo-Pasifik yang bebas dan sejahtera," paparnya, seperti dikutip Reuters, Kamis (11/1/2024).

Kementerian Pertahanan Inggris menambahkan bahwa London dan New Delhi juga akan melakukan latihan militer gabungan yang lebih kompleks di tahun-tahun mendatang, untuk mendukung tujuan bersama mereka dalam melindungi jalur perdagangan dan memastikan keamanan maritim.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)