Haley: Takkan Pernah Jadi Teman, AS Akan Tampar Rusia

Sabtu, 07 April 2018 - 04:49 WIB
Haley: Takkan Pernah Jadi Teman, AS Akan Tampar Rusia
Haley: Takkan Pernah Jadi Teman, AS Akan Tampar Rusia
A A A
NORTH CAROLINA - Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) Nikki Haley mengumbar kata-kata kasar anti-Rusia dalam sebuah acara Duke University, North Carolina. Dia mengatakan, Moskow tak akan pernah menjadi teman Washington.

Haley mengakui bahwa hubungan persahabatan dengan Rusia adalah prospek yang tidak mungkin. Dia mengklaim bahwa administrasi Trump telah bertindak lebih banyak terhadap Moskow ketimbang administrasi lain sejak masa pemerintahan Ronald Reagan.

"Rusia tidak akan pernah menjadi teman kami," ujar Haley saat menjawab pertanyaan para mahasiswa yang menanyakan apakah Washington meminta pertanggungjawaban Moskow soal dugaan ikut campur pemilihan presiden 2016 lalu.

Baca Juga: Sanksi Baru AS 'Tampar' Kroni Putin Termasuk 7 Orang Terkaya Rusia

Meski demikian, diplomat perempuan ini mengaku bahwa Washington masih bekerja dengan Moskow. "Kita akan tampar mereka ketika kita perlu," paparnya.

"Semua orang suka mendengarkan kata-kata. Saya akan memberi tahu Anda, lihatlah pada tindakannya," kata Haley. "Kami mengusir 60 diplomat/mata-mata Rusia, kami telah mempersenjatai Ukraina sehingga mereka dapat mempertahankan diri," papar Haley mencontohkan.

Menurutnya, AS melakukan dua hal yang tidak diinginkan oleh Rusia. Yakni, memperbesar kekuatan militer dan memperluas kebijakan energinya. "Jadi, presiden ini telah bertindak lebih banyak terhadap Rusia daripada presiden mana pun sejak era Reagan," tegas Haley.

"Anda belum melihat akhir dari apa yang akan dilakukan administrasi ini ke Rusia. Anda akan terus melihat permainan ini," imbuh dia, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (7/4/2018).

Sebelumnya, Washington telah menjatuhkan sanksi baru terhadap puluhan tokoh Rusia yang dianggap sebagai kroni Putin. Beberapa tokoh yang terkena sanksi AS kali antara lain tujuh orang terkaya Rusia dan 17 pejabat pemerintah Moskow.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3975 seconds (0.1#10.140)