Venezuela Putus Hubungan Komersial dengan Panama

Jum'at, 06 April 2018 - 10:24 WIB
Venezuela Putus Hubungan Komersial dengan Panama
Venezuela Putus Hubungan Komersial dengan Panama
A A A
CARACAS - Venezuela menghentikan hubungan komersial dengan pejabat dan perusahaan Panama, termasuk melarang penerbangan maskapai penerbangan regional Copa. Tindakan itu dilakukan atas dugaan keterlibatan Panama dalam pencucian uang. Aksi ini mendorong kedua negara untuk menarik duta besar mereka.

Resolusi itu juga mencaci Presiden Panama Juan Carlos Varela dan hampir dua lusin menteri kabinet serta pejabat tinggi. Venezuela mengatakan bahwa sistem keuangan Panama telah digunakan oleh warga negaranya yang terlibat dalam tindakan korupsi.

"Mereka menyajikan risiko yang akan segera terjadi pada sistem keuangan (Venezuela), stabilitas perdagangan di negara itu, dan kedaulatan dan kemandirian ekonomi rakyat Venezuela," kata Venezuela merujuk sejumlah nama yang ada dalam resolusi itu seperti dilansir dari Reuters, Jumat (6/4/2018).

Pernyataan itu muncul seminggu setelah Panama menyatakan Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan sekitar 50 warga Venezuela sebagai "risiko tinggi" untuk pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Otoritas penerbangan sipil Venezuela mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penerbangan Copa inbound dan outbound dihentikan selama 90 hari, efektif Jumat waktu setempat, sebagai langkah untuk melindungi sistem keuangan Venezuela.

Copa, penyedia penting penerbangan internasional menyusul pengurangan tajam dalam layanan penerbangan ke Venezuela yang dilanda krisis, tidak menanggapi permintaan untuk komentar.

Panama mengumumkan penarikan kembali duta besarnya untuk Venezuela dan meminta Caracas untuk mengikutinya, yang dilakukan beberapa jam kemudian.

Varela dari Panama, dalam komentar singkat kepada wartawan pada hari Kamis, menyebut pengumuman Venezuela tidak masuk akal.

"Kami belum mendengar apa pun tentang melanggar hubungan tetapi lebih tentang satu set sanksi yang seharusnya - itu omong kosong," kata Varela.

Venezuela telah dipukul dengan sanksi oleh Kanada, Amerika Serikat dan sejumlah negara lain atas isu-isu mulai dari pelanggaran hak asasi manusia hingga korupsi dan perdagangan narkoba.

Maduro mengatakan negara itu adalah korban dari "perang ekonomi" yang dipimpin oleh musuh-musuhnya dengan bantuan Washington. Maduro mengatakan sanksi adalah bagian dari upaya negara-negara asing untuk merusak pemerintahannya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4160 seconds (0.1#10.140)