8 Fakta Gaza Sudah Jadi Pemakaman Terbuka yang Sangat Luas

Senin, 08 Januari 2024 - 18:18 WIB
loading...
A A A
Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan sekitar dua minggu lalu pihaknya telah kehilangan hampir semua kontak baru-baru ini dengan rumah sakit di wilayah yang dilanda perang tersebut.

7. Kuburan Terbuka yang Sangat Luas

8 Fakta Gaza Sudah Jadi Pemakaman Terbuka yang Sangat Luas

Foto/Reuters

Organisasi hak asasi manusia Palestina Al-Haq bersama dengan Arsitektur Forensik memberikan bukti serangan sistematis terhadap infrastruktur layanan kesehatan di Gaza oleh militer Israel, yang pada akhirnya mengakibatkan pembuatan kuburan massal di dalam fasilitas medis.

“Salah satu penyelidikan kami yang paling mengerikan dan memilukan: rumah sakit demi rumah sakit di Gaza menjadi sasaran, dikepung, diserang…kuburan massal pasien, anak-anak, dan staf medis dengan putus asa menggali halaman,” Eyal Weizman, direktur lembaga penelitian Arsitektur Forensik , tulis dalam postingan di X.

Menjamurnya jenazah korban di dalam rumah, tempat-tempat umum, dan di jalan-jalan tidak hanya menimbulkan ancaman kesehatan dan lingkungan mengingat sifat penguburan darurat tetapi juga memiliki dampak psikologis pada warga Gaza.

“Jalur Gaza seperti berubah menjadi kuburan terbuka yang luas. Kuburan-kuburan itu akan mengingatkan orang akan penderitaan mereka sepanjang waktu,” kata Abdu dari Euro-Med kepada TNA, seraya menambahkan bahwa penduduk akan segera dikurung di wilayah yang lebih kecil di tempat yang sudah menjadi salah satu tempat terpadat di dunia.

8. Kuburan Palestina Dirusak Tentara Israel

8 Fakta Gaza Sudah Jadi Pemakaman Terbuka yang Sangat Luas

Foto/Reuters

Yang lebih mengerikan lagi adalah pasukan Israel berulang kali menodai kuburan di Gaza, menghancurkan atau merusak kuburan. Video dari Gaza merekam penodaan kuburan massal, dan laporan mengindikasikan adanya penggalian dan pencemaran jenazah yang sudah dikuburkan.

“Baru saja menerima konfirmasi bahwa kuburan kakek buyut saya dan anak-anak mereka (paman buyut dan bibi buyut saya) digali dan dinodai oleh pasukan pendudukan Israel di Gaza,” seorang pengguna media sosial bernama ‘gadis Gaza’ memposting di Instagram minggu lalu.

Observatorium Euro-Med mengklaim pada bulan November bahwa mereka telah mendokumentasikan pasukan Israel menyita puluhan jenazah dari rumah sakit Al-Shifa di Gaza utara dan rumah sakit Indonesia serta rumah sakit lain di selatan.

Dikatakan juga bahwa Israel menahan sisa-sisa puluhan warga Palestina yang terbunuh di Gaza sejak Oktober.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)