Eks Agen Ganda Rusia Terancam Alami Keterbelakangan Mental

Jum'at, 23 Maret 2018 - 14:07 WIB
Eks Agen Ganda Rusia Terancam Alami Keterbelakangan Mental
Eks Agen Ganda Rusia Terancam Alami Keterbelakangan Mental
A A A
LONDON - Mantan agen ganda Rusia, Sergei Skripal, dan putrinya terancam mengalami keterbelakangan mental dan tidak diketahui apakah mereka dapat pulih seperti sedia kala. Demikian pernyataan hakim Inggris.

Inggris mengatakan Rusia menggunakan senjata kimia era Soviet yang disebut Novichok untuk menyerang Skripal dan putrinya Yulia. Ini adalah serangan pertama yang diketahui menggunakan senjata macam itu di Eropa sejak Perang Dunia II. Namun Rusia membantah keterlibatannya.

Pengadilan London memberi izin pengambilan sampel darah dari Skripal untuk diperiksa oleh inspektur senjata kimia. Ini dilakukan untuk mengkonfirmasi kesimpulan dari laboratorium penelitian militer Porton Down Inggris.

Pengadilan mengatakan seorang dokter yang merawat Skripal mengatakan mereka berdua terbius berat dan tidak dapat berkomunikasi. Kondisi tidak memungkinkan untuk menilai kapan atau sejauh mana kemampuan mental mereka.

"Efek yang tepat dari paparan mereka pada kesehatan jangka panjang mereka masih belum jelas, meskipun tes medis menunjukkan bahwa kapasitas mental mereka mungkin membahayakan ke tingkat yang tidak diketahui dan sejauh ini tidak pasti," kata Hakim David Williams dalam putusannya seperti disitir dari Reuters, Jumat (23/3/2018).

Skripal, yang pernah menjadi kolonel di dinas intelijen militer Rusia, dan putrinya yang berusia 33 tahun ditemukan pingsan di bangku di luar pusat perbelanjaan di kota Salisbury, Inggris selatan, pada 4 Maret.

Mereka berdua dalam kondisi stabil secara fisik dan diperlakukan 'atas dasar keinginan mereka untuk tetap hidup', kata dokter yang merawat, sesuai dengan keputusan Williams di London's Court of Protection, yang membuat keputusan tentang kesejahteraan orang-orang yang tidak dapat melakukannya sendiri.

Williams mengatakan aplikasi untuk mengambil sampel telah dibuat mendesak pada Selasa. Skripal dan putrinya sangat kritis tetapi stabil, meskipun dia menambahkan: "Tidak dapat dibayangkan bahwa kondisi mereka bisa memburuk dengan cepat."

Hakim Williams mengatakan seorang analis tidak dikenal dari Porton Down telah memberikan bukti bahwa sampel darah yang diambil dari Skripal menunjukkan paparan zat saraf.

"Sampel yang diuji positif untuk kehadiran zat saraf kelas Novichok atau zat lain yang terkait erat," bunyi keputusannya.

Sementara itu, sejumlah pejabat mengatakan seorang polisi yang jatuh sakit setelah membantu Skripal telah dipulangkan dari rumah sakit pada hari Kamis setelah lebih dari dua minggu mendapatkan perawatan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4789 seconds (0.1#10.140)