alexametrics

Kremlin Sebut Skripal Tidak Berharga Bagi Rusia

loading...
Kremlin Sebut Skripal Tidak Berharga Bagi Rusia
Foto/Ilustrasi/Sindonews/Ian
A+ A-
MOSKOW - Mantan agen ganda Sergei Skripal, yang saat ini tengah kritis setelah diracun, tidak berharga bagi Rusia setelah diserahkan ke Inggris. Hal itu ditegaskan oleh juru bicara Presiden Rusia, Dmitry Peskov.

Peskov juga menunjukkan bahwa Rusia tidak memiliki motif untuk menargetkan Skripal, yang ditemukan tidak sadarkan diri dengan putrinya di Salisbury pada awal Maret. Inggris menuduh Rusia meracuni mereka dengan agen saraf era Soviet.



“Dia diserahkan ke Inggris sebagai hasil dari pertukaran. Jadi, mengapa Rusia harus menyerahkan laki-laki yang penting atau yang bernilai apa pun? Itu tidak terbayangkan. Jika dia diserahkan, Rusia telah selesai dengannya. Dia memiliki nilai nol atau tidak penting," kata Peskov, mengacu pada pertukaran mata-mata di mana Rusia membebaskan empat mata-mata Inggris, termasuk Skripal, dengan imbalan 10 agen Rusia.

Ia juga mengatakan bahwa Skripal harus disebut "mata-mata Inggris" saat ia ini bekerja untuk badan intelijen MI6.

"Dia adalah warga negara Rusia, tetapi dia bukan mata-mata Rusia," tegasanya.

Peskov juga mengatakan bahwa pihak berwenang Inggris terlalu terburu-buru menyalahkan Rusia tanpa melakukan penyelidikan atas serangan itu.

"Tuduhan pertama datang dari politisi hanya beberapa jam setelah kecelakaan bahwa kemungkinan besar, Rusia bertanggung jawab atas upaya pembunuhan itu," ujar Peskov.

"Dan sekarang kita melihat kata-kata para ahli dari Organisasi untuk Larangan Kimia Senjata yang mengatakan bahwa pemeriksaan awal agen ini akan memakan waktu sekitar tiga minggu. Apakah ini kontradiktif? Ya itu," imbuhnya seperti dikutip dari RT, Kamis (22/3/2018).

Peskov lantas mengutip pernyataan Putin, yang mengatakan tentang masalah ini.

"Kita tidak segila untuk berpikir tentang sesuatu semacam itu (meracun Skripal) sebelum pemilihan presiden (pada 18 Maret) dan sebelum acara global penting seperti kejuaraan sepakbola (di musim panas)," tukasnya.
(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak