AS Bersiap Tes Senjata Laser dari Jet Tempur F-15

Rabu, 21 Maret 2018 - 00:14 WIB
AS Bersiap Tes Senjata Laser dari Jet Tempur F-15
AS Bersiap Tes Senjata Laser dari Jet Tempur F-15
A A A
WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) bersiap melakukan tes senjata laser yang dipasang pada pesawat jet tempur F-15. Senjata ini dipasang untuk bisa menghancurkan pesawat nirawak dan peluru kendali (rudal) jelajah.

Seorang pejabat Angkatan Udara AS mengatakan kepada wartawan bahwa tes senjata laser yang dipasang pada jet tempur F-15 akan berlangsung pada musim panas mendatang.

Mengutip laporan The Japan Times, Selasa (20/3/2018), senjata Amerika ini memiliki daya 50 kilowatt.

"Kami sudah mendapatkan tes mulai musim panas ini dan akan tes pada penerbangan musim panas mendatang," kata Jeff Stanley, wakil asisten sekretaris Angkatan Udara AS untuk ilmu pengetahuan, teknologi dan teknis.

"Masih ada beberapa tantangan teknis yang harus kita atasi, terutama ukuran, bobot, kekuatan," ujarnya.

Tes senjata ini adalah bagian dari proyek Self-protect High Energy Laser Demonstrator atau SHiELD yang dilakukan oleh Pentagon dengan firma keamanan dan kedirgantaraan global Lockheed Martin.

Pada tahun 2017, militer AS memberikan perusahaan itu kontrak senilai USD26 juta untuk program senjata laser tersebut. Tujuannya untuk menghasilkan senjata laser yang kompatibel dengan jet tempur yang akan digunakan oleh Angkatan Udara AS pada tahun 2021.

Balok laser militer tidak terlihat oleh mata telanjang. Dengan memfokuskan sinar pada target, teknologinya dengan cepat memanaskan dan menyebabkan target meledak.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3074 seconds (0.1#10.140)