alexametrics

RI Kirimkan Nota Protes ke Saudi Terkait Eksekusi Mati WNI

loading...
RI Kirimkan Nota Protes ke Saudi Terkait Eksekusi Mati WNI
Iqbal menuturkan, protes ini terkait dengan keputusan Saudi untuk mengeksekusi Zaini, padahal proses PK masih berjalan di Mahkamah Banding negara itu. Foto/Victor Maulana/Sindonews
A+ A-
JAKARTA - Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal menuturkan, pihaknya telah mengajukan protes resmi kepada pemerintah Arab Saudi mengenai eksekusi mati Zaini Misrin.

Iqbal menuturkan, protes ini terkait dengan keputusan Saudi untuk mengeksekusi Zaini, padahal proses peninjauan kembali (PK) yang diajukan oleh pengacara Zaini masih berjalan di Mahkamah Banding negara itu.

Pengacara Zaini telah mengajukan PK kedua pada awal tahun ini, setelah PK pertama yang diajukan tahun lalu ditolak. Mahkamah Banding Saudi, masih memproses permintaan PK dan sampai saat ini belum ada keputusan PK itu diterima atau ditolak.

"Hari ini pemerintah Indonesia sampaikan protes resmi dan meminta penjelasan dengan memanggil Duta Besar Arab Saudi. Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika pertama menyampaikan keprihatinan dan protes terhadap dubes dan mengesampingkan proses PK baru berjalan," ucap Iqbal. 

"Kedua, menyerahkan surat resmi protes tersebut. Dubes kita di Riyadh juga akan menyampaikan nota yang sama kepada Kementerian Luar Negeri Saudi," sambungnya dalam konferensi pers pada Senin (19/3).

Zaini sendiri diketahui dieksekusi mati kemarin. Pria asal Madura itu dieksekusi karena dituduh telah membunuh majikannya. Zaini sudah ditahan otoritas Saudi sejak tahun 2004, dan pemerintah Indonesia mulai melakukan pendampingan sejak tahun 2008.

Iqbal menyebut pendampingan baru dilakukan pada tahun 2004, karena pemerintah Saudi tidak memberikan pemberitahuan kepada perwakilan Indonesia bahwa Zaini telah diamankan dan baru memberikan informasi setelah hakim menjatuhkan vonis kepada Zaini.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak