alexametrics

Indonesia Dukung Australia Jadi Anggota ASEAN

loading...
Indonesia Dukung Australia Jadi Anggota ASEAN
Presiden Jokowi mendukung ide Australia masuk menjadi anggota ASEAN. FOTO/REUTERS
A+ A-
SYDNEY - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendukung ide Australia bergabung sebagai anggota Asosiasi Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Langkah ini dapat mengubah posisi strategis Australia di Asia Pasifik. Saat ini posisi Australia sebagai mitra dialog ASEAN dan bukan anggota tetap atau anggota penuh.

Sejumlah perdana menteri (PM) Australia sebelumnya juga telah mengungkapkan ide untuk bergabung sebagai anggota penuh ASEAN tapi tidak pernah mengajukan secara resmi saat masih menjabat. Para pengamat menilai, bergabung ASEAN dapat menegaskan peran penting Australia di kawasan yang tumbuh cepat tersebut.

Pernyataan Jokowi juga menjadi yang pertama kali bagi seorang presiden RI menjabat yang mendukung ide tersebut. "Saya pikir ini ide bagus," kata Jokowi saat menyiapkan perjalanan ke Sydney untuk konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN dan Australia.

Indonesia merupakan pemimpin ASEAN yang disegani. Itu artinya, intervensi Jokowi atas ide tersebut memiliki dampak besar. Saat wawancara khusus dengan Fairfax Media, Jokowi melontarkan keinginan Australia memainkan peran lebih besar di ASEAN dalam bidang pertahanan, perdagangan dan keamanan. Ditanya tentang Australia bergabung ASEAN, dia mendukungnya. "Karena kawasan kita akan lebih baik (untuk) stabilitas, stabilitas ekonomi dan juga stabilitas politik. Tentu, ini akan menjadi lebih baik," papar Jokowi, dikutip The Sydney Morning Herald, Kamis (15/3/2018).   

Perdana Menteri (PM) Australia Malcolm Turnbull merespon pernyataan Jokowi tersebut. "Saya akan melihat untuk mendiskusikan itu dengan Presiden Jokowi jika dia mengangkatnya dengan saya. Kami akan menunggu untuk diundang. Kami memperlakukan ASEAN dan sentralitas ASEAN di kawasan dengan penghormatan terbesar," papar dia pada Fairfax Media.

Turnbull mengundang Jokowi makan malam di rumahnya menjelang KTT dua hari. Ini pertama kali Australia menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin ASEAN. "Makan malam pribadi berarti kami sangat dekat. Ini berarti ada saling menghormati," kata Turnbull.

Jokowi menyatakan dia tidak yakin apakah keanggotaan penuh Australia di ASEAN akan didukung anggota lain dalam blok tersebut. ASEAN merupakan kelompok politik dan ekonomi di Asia Tenggara yang semakin disegani dalam 51 tahun terakhir. Dia juga menekankan kesepakatan perdagangan bebas Indonesia-Australia yang masih tertunda. "Saya akan menekan menteri-menteri saya," tutur Jokowi.

Jokowi juga membuka kemungkinan menghidupkan kembali pakta keamanan era PM Australia Paul Keating yang menekankan hubungan dekat antara dua negara. Paul Keating telah lama mendukung keanggotaan penuh Australia di ASEAN. Menurut dia, Australia dapat memberikan skill dan kepakaran dalam kebijakan luar negeri pada blok tersebut.

"Saya selalu yakin bahwa kedekatan kita, negara tetangga terbesar merupakan salah satu yang paling melihat manfaat Australia bergabung ASEAN. Saya sangat senang mendengar Presiden Jokowi mengatakan dia juga berpendapat seperti itu," tutur Keating. "Untuk melakukannya, dia menekankan dan mengonfirmasi keyakinan saya pada Indonesia sebagai salah satu teman terbesar kita dan sangat penting bagi kita," kata Keating.

ASEAN memiliki kantor pusat di Indonesia sebagai anggota terbesar. Sembilan negara anggota ASEAN lainnya ialah Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Vietnam, Laos dan Myanmar. Pada 2002, PM Malaysia Mahathir Mohamad ketika itu menolak upaya PM Australia John Howard untuk bergabung penuh di ASEAN.

Awal pekan lalu, mantan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa menyatakan pertanyaan keanggotaan merupakan "selingan". Adapun mantan Sekretaris Jenderal ASEAN Rodolfo Severino menjelaskan pada 2017 bahwa Australia tidak dapat bergabung karena bukan Asia Tenggara.

Pakar Indonesia di Australian Nasional University (ANU) Dr Greg Fealy menjelaskan, "Pertanyaannya adalah apakah negara-negara ASEAN lain akan sepakat. ASEAN bekerja dengan konsensus jadi jika Anda tidak mendapat kesepakatan umum maka itu tidak akan terjadi."

Profesor Michael Wesley dari ANU menyatakan bahwa ASEAN adalah organisasi yang membuat kesepakatan dengan konsensus tapi komentar Jokowi itu perkembangan besar. "Karena Indoensia itu negara terbesar dan pemimpin ASEAN, dia akan memiliki pekerjaan lebih sulit untuk meyakinkan negara-negara lain, Singapura dan Malaysia khususnya, bahwa Australia akan membentuk bagian berguna di ASEAN," kata dia.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak