Kunjungi Sentra Gebyok di Jepara, Ganjar Komitmen Kembangkan Seni Ukir

Selasa, 02 Januari 2024 - 18:27 WIB
loading...
Kunjungi Sentra Gebyok di Jepara, Ganjar Komitmen Kembangkan Seni Ukir
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mencoba bagaimana mengukir dan membuat gebyok di Desa Blimbingrejo, Jepara, Jawa Tengah. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon presiden nomor urut 3, yang diusung Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ganjar Pranowo , menemui para pengukir gebyok Jepara di sela-sela safari politiknya. Ganjar menyambangi sentra gebyok ukir di Desa Blimbingrejo, Nalumsari, Jepara, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Ganjar turut mencoba mengukir gebyok. Dengan teliti, Capres berambut putih ini membuat pola ukir dengan pahat kayu. Ganjar diajarkan oleh salah satu pengukir bernama Ahmad Nurdin.

Dengan cekatan, Ahmad Nurdin memberikan arahan kepada capres berambut putih itu bagaimana membuat gebyok bermotif bunga yang baik. ”Tadi mengajarkan motif bunga. Senang sekali (bisa) mengajarkan Pak Ganjar,” kata Nurdin, Selasa (2/1/2024).



Tak lupa, Nurdin berharap kepada Ganjar bilamana terpilih menjadi presiden bisa membawa industri pengukir Jepara semakin maju lagi ke depannya. “Ya semoga pengukir Jepara bisa lebih maju lagi ke depannya,” ujar Nurdin.

Selain mengukir gebyok, Ganjar juga berdialog dengan masyarakat desa Blimbingrejo, Nalumsari yang kebanyakan berprofesi sebagai pengukir.



“Di Jepara ini soal ukir masih menjadi idola khususnya ketika membuat gebyok. Jadi ini spesial gebyok dan masih laku penjualannya masih bagus mereka sudah memodernisasi cara menjualnya sudah mengenal medsos,” papar Ganjar.

Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD ini menekankan komitmennya untuk melestarikan dan mengembangkan seni ukir khususnya dari daerah Jepara. “Jadi rasa-rasanya kita memang perlu untuk melestarikan ini kalau perlu mengembangkan lagi. Tadi juga ada usulan sekolah untuk ukir sehingga Jepara bisa menjadi pusat ukir yang canggih,” jelas Ganjar.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)