Hukum Tajwid Surat Al-Fatihah Beserta Penjelasan dan Cara Bacanya

Selasa, 02 Januari 2024 - 17:15 WIB
loading...
Hukum Tajwid Surat Al-Fatihah Beserta Penjelasan dan Cara Bacanya
Al Quran Surat Al Fatihah Foto istimewa
A A A
Hukum tajwid surat Al Fatihah ayat 1-7 lengkap penting dipelajari umat Muslim. Tak hanya untuk menambah pengetahuan, namun juga meminimalisir kesalahan ketika membacanya.

Surat Al-Fatihah merupakan surat pembuka dalam Al-Qur’an. Terdiri atas 7 ayat, surat ini juga disebut sebagai ummul kitab atau induk dari Al-Qur’an.

Pada ulasan kali ini, kita akan membahas hukum tajwid Surat Al-Fatihah . Berikut penjelasannya yang bisa disimak.

Hukum Tajwid Surat Al-Fatihah

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ. ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ. ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ. مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ. إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ. ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ. صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ


Latin : Bismillahir-Rohmaanir-Rohiim. Alhamdulillaahi Robbil 'Aalamiin. Ar-Rohmaanir-Rohiim. Maaliki Yaumiddiin. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinash Shiroothol Mustaqiim. Shirootol ladziina an-'amta 'alaihim ghoiril maghdhuubi 'alaihim wa ladh-dhoolliin. (QS Al-Fatihah Ayat 1-7)

Artinya: "Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seru sekalian alam. Yang maha pengasih dan penyayang. Yang menguasai hari kemudian. Pada-Mu lah aku mengabdi dan kepadaMu lah aku meminta pertolongan. Tunjukilah kami kejalan yang lurus. Bagaikan jalannya orang-orang yang telah Engkau beri nikmat. Bukan jalan mereka yang Engkau murkai atau jalannya orang-orang yang sesat."

Cara Membaca Tajwid Surat Al-Fatihah Ayat 1-7:

Ayat 1:

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ


Bismillahir-rohmaanir-rohiim

1. بِسْــــــــمِ اللَّــــــــهِ (bismillahi) = Ada hukum tajwid Tarqiq. Alasannya karena terdapat lam jalalain didahului kasrah. Cara membaca lafadz allah adalah tipis panjangnya 2 harakat.

2. الرَّحْمَــــــــنِ (arrohmaani) = Terdapat Idgham syamsyiyah, karena ada lam ta'rif diikuti 'ro'. Cara membaca huruf 'lam' adalah dimasukan ke huruf 'ro'.

3. الرَّحِيــــــــمِ (irrahiim) = Ada Idghom syamsyiyah, karena huruf lam ta'rif diikuti ro'. Kemudian, terdapat juga mad arid lissukun karena sebelum waqaf ada mad thobi'i. Cara membacanya panjang 2 harakat.

Ayat 2

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ


Alhamdulillaahi Robbil 'Aalamiin

1. الْحَمْدُ (alhamdu) = Terdapat hukum tajwid Izhar qamariyah. Alasannya karena ada alif lam diikuti 'ha'. Cara membacanya terang dan jelas.

2. رَبِّ(robbi) = Ada hukumTafhim, karena terdapat huruf 'ro' bertanda baca fathah. Cara membacanya dilemahkan dan jelas.

3. الْعَالَمِينَ(il’alamiin) = Terdapat Izhar qamariyah, karena ada alif lam diikuti 'ain. Lalu, ada juga mad thobi'i karena terdapat huruf fathah diikuti alif.

Kemudian, ada pula mad arid lissukun karena sebelum waqaf terdapat mad thobi'i. Cara membacanya terang dan jelas.

Ayat 3

ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ


Ar-Rohmaanir-Rohiim
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)