alexametrics

Pesona 10 Air Terjun Terbesar di Dunia

loading...
Pesona 10 Air Terjun Terbesar di Dunia
GRAFIS/KORAN SINDO
A+ A-
SALAH satu destinasi wisata yang banyak membetot perhatian para penyuka travelling adalah wisata air terjun. Bukan hanya keindahannya saja yang diburu namun lebih dari itu fenomena air terjun disebut-sebut merupakan salah satu keajaiban alam. Berikut ini adalah 10 air terjun paling besar di dunia.

1. Iguazu (perbatasan Brasil-Argentina)
Pesona 10 Air Terjun Terbesar di Dunia
Salah satu keajaiban alam dunia, Iguaçu Falls terletak di perbatasan antara Brasil dan Argentina. Sistem air terjun terdiri dari 275 sungai Iguazu. Mayoritas air terjun tingginya sekitar 64 meter (210 kaki). Yang paling mengesankan dari deretan air terjun di Iguazu Falls adalah Devil's Throat yang berbentuk U, setinggi 82 meter (269 kaki), 150 meter (492 kaki) dan 700 meter (2300 kaki) air terjun yang panjang.

2. Victoria (perbatasan Zimbabwe-Zambia)
Pesona 10 Air Terjun Terbesar di Dunia
Victoria Falls atau air terjun Victoria yang ada di antara Zimbabwe serta Zambia ini memiliki tirai air terbesar di dunia. Airnya menggelontor ke dalam jurang sangat dalam, sehingga sungainya tampak hilang dalam lubang penuh kabut. Tingginya memang hanya 107 meter, namun lebarnya sekitar 1.708 meter. Tirai airnya tampak begitu menakjubkan terutama saat sungainya meninggi.

3. Niagara (perbatasan Kanada-AS)
Pesona 10 Air Terjun Terbesar di Dunia
Merupakan air terjun paling terkenal di dunia, The Niagara Falls terletak di antara kota kembar Air Terjun Niagara, Ontario, Kanada dan Air Terjun Niagara, New York Amerika Swerikat (AS). Niagara Falls sebenarnya adalah tiga air terjun berbeda yakni American Falls, Bridal Veil Falls dan Horseshoe Falls. Horseshoe Falls terletak di sisi Kanada sementara yang lainnya terletak di New York. Dengan lebih dari 14 juta pengunjung setiap tahunnya, air terjun Niagara merupakan salah satu objek wisata paling banyak dikunjungi di dunia.

4. Angel (Venezuela)
Pesona 10 Air Terjun Terbesar di Dunia
Angel Falls atau air terjun Angel di Taman Nasional Canaima, Venezuela tak hanya menjadi air terjun terbesar namun juga air terjun tertinggi. Ketinggiannya mencapai 970 meter. Waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi air terjun Angel adalah pada Juni hingga Desember. Air terjun Angel termasuk destinasi wajib apabila kita berkesempatan mengunjungi Venezuela.

5. Kaieteur (Guyana)
Pesona 10 Air Terjun Terbesar di Dunia
Kaieteur Falls terletak di Sungai Potaro di tengah hutan hujan Guyana. Ini adalah salah satu air terjun paling kuat di dunia, rata-rata 663 meter kubik per detik (23.400 kaki kubik per detik). Dengan ketinggian 226 meter (741 kaki) kira-kira lima kali lebih tinggi dari Air Terjun Niagara dan sekitar dua kali ketinggian Air Terjun Victoria.

6. Nil Biru (Ethiopia)
Pesona 10 Air Terjun Terbesar di Dunia
Dikenal dengan sebutan Tis Issat ("air merokok") di Amharic, Air Terjun Nil Biru terletak di sungai Nil Biru di utara Ethiopia. Meski sebagian besar air sekarang dialihkan ke bendungan listrik, Nil Biru memiliki pemandangan indah dan salah satu tempat wisata paling terkenal di Ethiopia.

7. Detian (perbatasan China-Vietnam)
Pesona 10 Air Terjun Terbesar di Dunia
Air Terjun Detian terletak di perbatasan antara China dan Vietnam. Keberadaan air terjun Detian merupakan perbatasan terbesar keempat antar negara berupa air terjun setelah Niagara, Victoria dan Iguazu. Karena berbagai konflik perbatasan antara kedua negara, kawasan ini baru saja dibuka untuk pariwisata.

8. Gullfoss (Islandia)
Pesona 10 Air Terjun Terbesar di Dunia
Gullfoss ("Golden Falls") adalah air terjun ganda setinggi 32 meter di Sungai Putih (Hvítá). Ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di Islandia. Aliran sungai dari hujan reguler dan limpasan glasial, terutama di musim panas, membuat volume terbesar air terjun ini turun di Eropa.

9. Huangguoshu (China)
Pesona 10 Air Terjun Terbesar di Dunia
Dengan luas 77,8 meter (255 kaki) dan luas 101 meter (330 kaki), Huangguoshu adalah salah satu air terjun terbesar di Asia dan merupakan bagian dari 18 air terjun di daerah sekitarnya. Gua setinggi 134 meter (440 kaki) yang terbentuk secara alami di bagian belakang Huangguoshu memungkinkan pengunjung melihat air terjun dari jarak sangat dekat.

10. Jog (India)
Pesona 10 Air Terjun Terbesar di Dunia
Jog Falls yang diciptakan oleh Sungai Sharavathi dengan airnya jatuh dari ketinggian 253 meter (829 kaki) adalah air terjun tertinggi di India. Sebelum musim hujan Jog Falls hampir tidak bisa dikenali hanya dengan sepasang tetesan air yang menetes di tebing. Tapi selama musim hujan air terjun hidup dan bahkan melebihi Kaieteur Falls di Guyana dalam hal ketinggian dan volume.

Sumber: touropia.com

A. Lebar rata-rata air terjun terbesar di dunia pada 2016 (dalam meter)
Nama Air Terjun Lebar
Chutes de Khone, Laos 10.783
Salto Para, Venezuela 
5.608
Salto del Guaira, Brasil 4.828
Kongou Falls, Gabon 3.200
Cataratas del Iguazu, Argentina 2.682
Saltos del Mocona, Argentina 2.065
Saltos dol Patos e Maribondo, Brasil 2.012
Salto do Urubupunga, Brasil 2.012
Vermilion Falls, Kanada 1.829
Celilo Falls, Amerika Serikat (AS)
1.768

B. Air terjun tertinggi
Nama Tinggi
Air terjun Angel (979 meter/Venezuela)
Air terjun Three Sisters (914 meter/Peru)
Air terjun Tugela (947 meter/Afrika Selatan)
Air terjun Olo’upena (900 meter/Hawaii)
Air terjun Yumbilla (870 meter/Peru)

      
 

(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak