Lawan Provokasi AS dan Israel, Iran Kirim Kapal Perang Alborz ke Laut Merah

Senin, 01 Januari 2024 - 20:38 WIB
loading...
Lawan Provokasi AS dan Israel, Iran Kirim Kapal Perang Alborz ke Laut Merah
Iran kirim kapal perang ke Laut Merah. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Kapal perang Alborz telah memasuki Laut Merah setelah melewati selat Bab al-Mandab. Itu semakin meningkatkan eskalasi ketegangan di Laut Merah.

"Sejak 2009, kapal perang Iran telah beroperasi di perairan terbuka untuk mengamankan jalur pelayaran, melawan bajak laut, dan melakukan misi lainnya,” demikian laporan kantor berita Iran, Tasnim.

Hal ini terjadi ketika kelompok Houthi yang didukung Iran di Yaman telah menargetkan kapal-kapal di Laut Merah selama berminggu-minggu, membenarkan tindakan mereka sebagai dukungan bagi warga Palestina di tengah perang yang sedang berlangsung antara kelompok militan Palestina yang berbasis di Gaza, Hamas, dan Israel, yang dimulai pada 7 Oktober.

Serangan Houthi menimbulkan ancaman terhadap rute transit penting yang menyumbang hingga 12 persen perdagangan global. Sebagai tanggapan, AS membentuk satuan tugas angkatan laut multinasional bulan lalu untuk menjaga pelayaran di Laut Merah.



Pada hari Minggu, helikopter Angkatan Laut AS menenggelamkan tiga kapal yang dioperasikan Houthi yang menyerang sebuah kapal kontainer di Laut Merah, kata Komando Pusat AS (CENTCOM) dalam sebuah pernyataan.

Mengonfirmasi bentrokan tersebut, kelompok Houthi, yang merebut ibu kota Yaman, Sanaa pada tahun 2014 dan menguasai sebagian besar negara termasuk garis pantai Laut Merah, mengakui 10 pejuang tewas atau hilang.

Menteri Pertahanan Inggris memperingatkan pada hari Senin bahwa London “bersedia mengambil tindakan langsung” terhadap Houthi.

“Kami bersedia mengambil tindakan langsung, dan kami tidak akan ragu mengambil tindakan lebih lanjut untuk mencegah ancaman terhadap kebebasan navigasi di Laut Merah,” tulis Menteri Pertahanan Grant Shapps di surat kabar Daily Telegraph.

Menurut surat kabar tersebut, Inggris berkolaborasi dengan AS dalam potensi serangan militer terhadap Houthi, dan pernyataan bersama yang memberikan peringatan terakhir kepada para militan untuk menghentikan serangan mereka akan segera terjadi.

Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan pada hari Minggu bahwa dia mengatakan kepada rekannya dari Iran Hossein Amir-Abdollahian melalui panggilan telepon bahwa Teheran berbagi tanggung jawab untuk mencegah serangan Houthi di Laut Merah mengingat hubungan lama mereka dengan kelompok Yaman.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)