alexametrics

PM Palestina Desak Hamas Serahkan Kontrol Keamanan Atas Gaza

loading...
PM Palestina Desak Hamas Serahkan Kontrol Keamanan Atas Gaza
PM Palestina, Rami Hamdallah mendesak Hamas untuk menyerahkan tanggung jawab keamanan di Jalur Gaza kepada pemerintah Palestina. Foto/AA
A+ A-
RAMALLAH -

Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah kembali mendesak Hamas untuk menyerahkan tanggung jawab keamanan di Jalur Gaza kepada pemerintah Palestina yang berbasis di Ramallah.

Desakan itu muncul setelah konvoi Hamdallah mendapat serangan bom yang ditanam di pinggir jalan . Serangan itu terjadi saat Hamdallah dalam perjalanan pulang dari Gaza menuju Ramallah.

"Hari iniĀ  kami menjadi sasaran percobaan pembunuhan yang melibatkan sebuah alat peledak yang terkubur dua meter di bawah tanah. Enam orang terluka akibat ledakan tersebut, yang semuanya dirawat di Kompleks medis Ramallah," kata Hamdallah, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (13/3).

Dia lalu menyatakan bahwa insiden tersebut menegaskan perlunya memiliki satu otoritas keamanan di Gaza.

"Oleh karena itu, kami meminta Hamas untuk menyerahkan berkas keamanan internal kepada pemerintah Palestina. Pemerintah tidak dapat mempertahankan kehadiran yang efektif (di Gaza) tanpa adanya keamanan," ucapnya.

Kementerian Dalam Negeri Gaza yang dikelola Hamas, pada bagiannya, membenarkan bahwa ledakan telah terjadi di Beit Hanoun saat konvoi Hamdallah melewati distrik tersebut.

Juru bicara kementerian, Iyad al-Buzm mengatakan bahwa ledakan tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa, dan menambahkan bahwa pasukan keamanan Gaza sekarang sedang menyelidiki insiden itu.

(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak