Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia

Rabu, 14 Maret 2018 - 05:30 WIB
Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia
Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia
A A A
KAPAL menjadi salah satu moda transportasi yang banyak digunakan di dunia baik untuk pelayaran di laut maupun di sungai. Khusus untuk pelayaran sungai tidak semua sungai bisa dilayari kapal. Berikut 10 rute pelayaran sungai tersibuk di dunia.

1. Pelayaran Sungai Nil (Mesir)
Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia

Karena Mesir pada dasarnya tumbuh di tepi Sungai Nil, pelayaran adalah salah satu cara terbaik mengenal sejarah Mesir dengan semua situs kunonya, termasuk piramida dan Sphinx. Diperkirakan ada lebih dari 400 pelayaran kapal yang melintasi Sungai Nil. Beberapa kapal menawarkan fasilitas seperti kolam renang, tempat berjemur dan spa. Rata-rata pelayaran kapal di Sungai Nil berlangsung antara tiga hingga tujuh hari perjalanan.

2. Pelayaran Sungai Amazon (Brasil)
Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia

Sungai Amazon dikenal memiliki alam liar dengan hutan lebat. Saat ini sejumlah kapal pesiar juga melayani jalur pelayaran di Sungai Amazon. Akomodasi di kapal ini berkisar dari yang sederhana sampai mewah. Meskipun Sungai Amazon membentang di delapan negara Amerika Selatan, perjalanan kapal pesir paling besar terbatas pada bagian antara pelabuhan Manaus dan Belem Brasil.

3. Pelayaran Sungai Yangtze (China)
Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia

Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang ketiga di dunia dan juga terpanjang di Asia. Ia melewati beberapa situs China yang paling menarik dan terkenal, termasuk Three Gorges (Qutang, Wu dan Xiling Gorge). Sungai Yangtze juga merupakan rumah bagi sejumlah spesies langka di negara ini, termasuk buaya China dan lumba-lumba sungai. Perjalanan pelayaran Sungai Yangtze biasanya ditempuh selama empat hingga tiga belas hari.

4. Pelayaran Sungai Danube (Eropa)
Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia

Danube merupakan sungai terpanjang kedua di Eropa, melewati sembilan negara yakni Austria, Bulgaria Kroasia, Jerman, Hongaria, Rumania Slowakia, Serbia dan Ukraina. Berlayar dengan kapal pesiar di Sungai Danube biasannya berlangsung satu hingga seminggu lebih. Kapal akan melewati kastil dan benteng-benteng mengesankan dan melewati beberapa kota paling indah di Eropa. Tiga ibu kota Eropa yang biasa dikunjungi yakni Budapest di Hungaria, Wina di Austria, dan Bratislava di Slovakia.

5. Pelayaran Sungai Mekong (Asia Selatan)
Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia

Sungai Mekong melintas di sejumlah negara yakni China, Burma, Laos, Vietnam, Kamboja dan Thailand. Saat menyusuri Sungai Mekong, para pelancong akan menemukan perpaduan menarik antara kota-kota modern dan desa-desa terapung dari masa lalu. Wisatawan dalam pelayarannya bisa singgah ke tempat-tempat menakjubkan seperti kompleks Candi Angkor Watt kuno di Kamboja atau kunjungan ke desa-desa terapung dan pasar warna-warni Delta Mekong di Vietnam Selatan.

6. Pelayaran Sungai Rhine (Eropa)
Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia

Perjalanan menyusuri Sungai Rhine adalah salah satu rute kapal pesiar paling populer di Eropa. Sungai Rhine mengalir ke sejumlah negara yang merupakan tujuan wisata populer, termasuk Swiss, Prancis, Jerman dan Belanda. Para pelancong akan menikmati beberapa lanskap dan tempat-tempat indah di Eropa, termasuk istana Abad Pertengahan, kebun anggur subur, dan melewati kota-kota indah layaknya di kota dongeng. Perjalanan menyusuri Sungai Rhine paling singkat bisa ditempuh selama setengah hari hingga 11 hari atau lebih lama lagi.

7. Pelayaran Sungai Volga (Rusia)
Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia

Sungai Volga adalah sungai terpanjang di Eropa dan sering dianggap sebagai sungai nasional Rusia. Di pelayaran Sungai Volga wisatawan dapat mengunjungi Kota St. Petersburg dan Moskow atau Golden Ring. Sebuah perjalanan menyusuri Sungai Volga adalah cara terbaik bagi traveler untuk napak tilas sejarah Rusia modern dan Rusia tempo dulu.

8. Pelayaran Kerala Backwaters (India)
Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia

Pelancong yang ingin menikmati keindahan dan pesona India disarankan salah satunya bisa mencoba pelayaran melalui daerah Kerala. Perjalanan melalui kanal-kanal daerah dan danau-danau indah yang membentuk Kerala's Backwaters, wisatawan dapat menikmati kehidupan perti penduduk setempat. Kawasan Kerala menawarkan ekosistem unik dengan air segar dari sungai yang bercampur dengan air asin dari Laut Arab.

9. Pelayaran Sungai Mississippi (Amerika Serikat)
Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia

The Mighty Mississippi, sungai terpanjang keempat di dunia, menembus jantung Amerika Serikat (AS) dan melewati beberapa pemandangan paling indah di negara ini. Pelayaran Sungai Mississippi bisa melewati kota-kota kuno maupun kota-kota besar, seperti St. Louis dan Louisville. Wisatawan juga bisa singgah di rumah perkebunan serta lokasi pertempuran di New Orleans.

10. Pelayaran Sungai Douro (Portugal)
Pelayaran Sungai Tersibuk di Dunia

Sungai Douro mungkin tidak dikenal atau sepopuler beberapa tujuan pelayaran Eropa lainnya, tapi bukan berarti rute berlayar di sungai ini bisa diabaikan. Pelayaran di sungai ini membawa wisatawan melewati Portugal dan Spanyol, melewati kebun-kebun anggur indah dan desa-desa Abad Pertengahan. Pelayaran ini sangat cocok untuk siapa saja yang ingin menjelajah lokasi-lokasi terpencil.

Sumber: http://www.touropia.com
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3847 seconds (0.1#10.140)