Perayaan Tahun Baru 2024 Diwarnai Seruan Gencatan Senjata di Gaza

Minggu, 31 Desember 2023 - 21:45 WIB
loading...
Perayaan Tahun Baru 2024 Diwarnai Seruan Gencatan Senjata di Gaza
Para aktivis di seluruh dunia merayakan tahun baru 2024 dengan menyerukan gencatan senjata. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Para aktivis telah meluncurkan kampanye global yang meminta masyarakat untuk mengubah hitungan mundur Tahun Baru di negara mereka menjadi hitungan mundur gencatan senjata di Gaza, yang telah mengalami pemboman Israel sejak 7 Oktober.

“Malam Tahun Baru adalah momen perayaan di seluruh dunia, dan kesempatan untuk menciptakan resolusi demi masa depan yang lebih cerah. Dengan hampir 30.000 warga sipil tewas, termasuk lebih dari 10.000 anak-anak, satu-satunya resolusi Tahun Baru kami adalah menyerukan gencatan senjata permanen,” kata Countdown2Ceasefire, sebuah kampanye akar rumput yang berbasis di London, dilansir Al Jazeera.

“Tujuan kami adalah mengubah hitungan mundur Tahun Baru yang tradisional menjadi hitungan mundur yang berpengaruh dan bergema untuk gencatan senjata permanen di Gaza.”

Sejauh ini kampanye tersebut telah berhasil diterima oleh para aktivis di lebih dari 30 negara, termasuk Swiss, Turki, Malaysia, Australia, Tanzania, Meksiko dan Jerman, menurut penyelenggara.

Menjelang tahun baru, acara lokal yang menyerukan gencatan senjata ini akan disiarkan langsung di platform media sosial Countdown2ceasefire.

“Gencatan senjata permanen adalah langkah pertama untuk mengakhiri situasi menyedihkan saat ini dan langkah nyata menuju masa depan di mana masyarakat yang trauma dapat membangun kembali dan pulih,” kata Bushra Mohammad, juru bicara kampanye, dalam sebuah pernyataan.

Serangan militer brutal Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 21.500 orang dan melukai lebih dari 55.000 lainnya yang memicu kemarahan global, dengan pengunjuk rasa di seluruh dunia menyerukan gencatan senjata. Banyak juga yang menyatakan kekecewaan mereka terhadap politisi dan negara-negara yang memveto atau abstain dalam pemungutan suara untuk gencatan senjata di PBB.

Organisasi hak asasi manusia termasuk Human Rights Watch, Amnesty International dan Doctors Without Borders juga mengecam negara-negara yang memveto gencatan senjata, dan memperingatkan bahwa hal ini akan mengakibatkan bencana kemanusiaan.



Pada hari Sabtu, Program Pangan Dunia memperingatkan bahwa mereka berpacu dengan waktu untuk mencegah kelaparan bagi jutaan orang di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)