5 Slogan Gerakan Houthi dan Maknanya

Jum'at, 29 Desember 2023 - 12:57 WIB
loading...
5 Slogan Gerakan Houthi dan Maknanya
Pejuang Houthi berunjuk rasa mengecam Amerika Serikat di Sanaa, Yaman. Foto/REUTERS
A A A
SANAA - Gerakan Houthi adalah kelompok pejuang yang berbasis di Yaman. Gerakan ini telah berperang melawan pemerintah Yaman yang didukung koalisi militer Arab Saudi sejak 2015.

Kini kelompok Houthi memimpin pemerintahan Yaman yang berpusat di Sanaa. Nama Houthi mencuat setelah melakukan penyitaan dan menghalangi kapal-kapal terkait Israel melintasi Laut Merah.

Houthi menegaskan tidak akan menghentikan blokade terhadap kapal Israel hingga rezim Zionis menghentikan genosida terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

5 Slogan Houthi


Gerakan Houthi menggunakan berbagai slogan untuk menyebarkan ideologi dan tujuan mereka. Berikut adalah 5 slogan gerakan Houthi dan maknanya:

Slogan 1: Allah, Muhammad, dan Ali


Slogan ini adalah slogan utama gerakan Houthi. Slogan ini menunjukkan bahwa gerakan Houthi adalah kelompok Muslim yang taat.

Gerakan Houthi mengklaim bahwa mereka berjuang untuk menegakkan hukum Islam di Yaman.

Slogan ini juga menunjukkan gerakan Houthi adalah kelompok yang setia kepada keluarga Nabi Muhammad SAW.

Ali adalah sepupu dan menantu Nabi Muhammad. Dia adalah khalifah keempat dalam Islam. Gerakan Houthi mengklaim Ali adalah penerus sejati Nabi Muhammad SAW.

Slogan 2: Kemerdekaan, kebebasan, dan keadilan


Slogan ini menunjukkan gerakan Houthi ingin membebaskan Yaman dari pengaruh asing. Gerakan Houthi dulu memerangi pemerintah Yaman yang didukung koalisi militer Arab Saudi sebagai boneka asing.

Gerakan Houthi mengklaim mereka mewakili kepentingan mayoritas rakyat Yaman. Mereka ingin Yaman menjadi negara yang merdeka, bebas, dan adil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)