Haedar Nashir: Debat Capres-Cawapres Jangan seperti Cerdas Cermat

Kamis, 28 Desember 2023 - 18:05 WIB
loading...
Haedar Nashir: Debat Capres-Cawapres Jangan seperti Cerdas Cermat
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir meminta debat capres dan cawapres jangan seperti cerdas cermat. Foto/MPI/raka dwi novianto
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir meminta debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) tidak seperti ajang cerdas cermat.

"Jangan sampai debat capres-cawapres itu seperti dulu di zaman SD itu cerdas cermat. Kalau jadi cerdas cermat kan betapa dangkalnya kita," kata Haedar di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Menurut Haedar, jika semua pasangan capres-cawapres hanya berpikir mementingkan debat seperti cerdas semata, maka nilai-nilai dan karakter pemimpin bangsa disebut tak terpenuhi.



"Karena mereka nanti pastikan satu di antara tiga pasangan ini memimpin negara ini. Kalau yang ada dipikiran mereka memenangkan penghargaan debat itu lewat cerdas cermat itu betapa jauhnya dari sejarah karakter, dasar nilai dan prinsip-prinsip kita," kata Haedar.



Masyarakat, kata Haedar, ingin capres-cawapres memperdebatkan hal-hal yang fundamental. Karena nantinya yang memenangkan pemilu bukan memimpin Indonesia tapi ada ratusan juta warga yang harus ditanggung.

"Padahal kita ingin perdebatan-perdebatan yang fundamental, karena apa? Baik yang jadi presiden maupun wapres siapa pun pemenangnya mereka selain jadi kepala eksekutif, menjadi kepala negara yang harus berdiri tegak di atas seluruh prinsip-prinsip kemanusiaan yang mengatasi semuanya, melampaui semuanya," ungkapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)