Wisata Gunung Kelud via Kediri Masih Jadi Pilihan Favorit saat Libur Nataru

Senin, 25 Desember 2023 - 14:45 WIB
loading...
Wisata Gunung Kelud via Kediri Masih Jadi Pilihan Favorit saat Libur Nataru
Pemandangan Gunung Kelud melalui area parkir mobil dan sekaligus rest area di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Foto/Solichan Arif/MPI
A A A
KEDIRI - Wisata Gunung Kelud melalui jalur Kabupaten Kediri masih menjadi idola wisatawan yang tengah menikmati hari libur Natal 2023 dan tahun baru (Nataru) 2024.

Sejak H-1 libur Natal, wisata Kelud telah ramai dikunjungi wisatawan. Selain melalui jalur Kabupaten Kediri, wisata Kelud juga bisa dicapai melalui jalur Kabupaten Blitar.

Dari pantauan lapangan, kedatangan wisatawan mengalir tidak henti-henti. Mulai dari loket pintu masuk, petugas penjaga memberitahu setiap wisatawan roda empat untuk sabar mengantri di lokasi parkir.

Antusiasme wisatawan menikmati keindahan alam diperkirakan akan terus berlanjut hingga perayaan tahun baru. “Mulai kemarin sudah ramai,” tutur Suprapto salah salah ojek wisata Gunung Kelud Senin (25/12/2023).



Wisata Kelud di wilayah Kabupaten Kediri sempat tertutup total pasca peristiwa erupsi 14 Februari 2014 silam. Letusan kelud membuat seluruh properti wisata nyaris rusak total.

Mulai lokasi parkir kendaraan (roda empat dan dua) yang sekaligus berfungsi sebagai rest area, hancur. Begitu juga beberapa jembatan yang menjadi akses utama menuju lokasi wisata, rusak.

Bahkan titik utama wisata, yakni terowongan menuju kawah Gunung Kelud yang dibangun pada masa kolonial Belanda rusak oleh material pasir dan batu vulkanik.

Namun kawah Kelud yang sebelumnya tertutup kubah atau biasa disebut anak Kelud kembali terlihat seperti semula. Kubah yang muncul sejak tahun 2008 lebur oleh erupsi tahun 2014.

“Sekarang kawah Kelud bisa dilihat lagi seperti sebelum muncul kubah,” tutur Suprapto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0999 seconds (0.1#10.140)