Simak Perbandingan Jet Tempur Eurofighter Typhoon vs Rafale, Mana Lebih Bagus?

Senin, 25 Desember 2023 - 11:35 WIB
loading...
Simak Perbandingan Jet Tempur Eurofighter Typhoon vs Rafale, Mana Lebih Bagus?
Perbandingan Jet Tempur Eurofighter Typhoon vs Rafale. FOTO/ DAILY
A A A
KIEV - Perbandingan jet tempur Eurofighter Typhoon dengan Rafale menjadi pembahasan menarik untuk disimak. Keduanya sama-sama berstatus senjata berkekuatan mumpuni.



Pada perkembangannya, negara-negara di dunia mulai berlomba-lomba meningkatkan kekuatan militernya. Tak hanya menggenjot kualitas tentaranya, mereka juga turut melengkapi pasukannya dengan berbagai persenjataan canggih.

Melihat sekian banyak, salah satu yang biasa ditemui berupa jet tempur. Misalnya, seperti Eurofighter Typhoon hingga Dassault Rafale. Jika dibandingkan, manakah di antara keduanya yang lebih baik?

Perbandingan Jet Tempur Eurofighter Typhoon vs Rafale


1. Eurofighter Typhoon

Eurofighter Typhoon merupakan jet tempur multi peran yang digarap oleh gabungan sejumlah negara Eropa. Mengutip Military Today, cikal bakal pembuatan pesawat tempur ini berakar dari terbentuknya konsorsium Eurofighter pada 1986.

Waktu itu, negara-negara seperti Jerman, Italia, Prancis, dan Spanyol mencoba membuat jet tempur multi peran baru. Setelah proses panjangnya, produksi pertama diluncurkan pada paruh kedua 2001.

Melihat spesifikasinya, varian standar Eurofighter Typhoon dibekali mesin Eurojet EJ200. Perlengkapan tersebut membuatnya bisa mencapai radius tempur 1.390 km dan kecepatan maksimal hingga 2.125 km/jam.

Kemudian, jet tempur tersebut juga membawakan sejumlah fitur. Salah satunya radar Doppler pulse X-Band multimode Captor (ECR 90).

Beralih ke senjata, jet tempur ini memasang meriam Mauser BK 27mm. Kemudian, ada sekitar 13 cantelan yang bisa digunakan untuk mengangkut persenjataan lain sesuai peran atau misinya.

Tergantung misi yang dibawakan, Eurofighter Typhoon bisa membawa berbagai jenis rudal. Misalnya untuk misi dukungan serangan darat, mereka bisa melengkapinya dengan rudal AMRAAM, ASRAAM hingga belasan rudal anti-armor Brimstone.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)