alexametrics

Sepasang Pembom Rusia Lakukan Patroli Udara di Atas Laut Jepang

loading...
Sepasang Pembom Rusia Lakukan Patroli Udara di Atas Laut Jepang
Sepasang pesawat pembom strategis Rusia, Tu-95MS, melakukan patroli di atas Laut Jepang. Foto/Istimewa
A+ A-
MOSKOW - Dua pesawat pembom strategis Rusia, Tu-95MS, melakukan operasi patroli udara di atas Laut Jepang, Laut China Timur, dan sebagian barat Samudera Pasifik. Patroli itu berjalan sukses seperti dilaporkan oleh surat kabar resmi Kementerian Pertahanan Rusia, Krasnaya Zvezda.

Menurut surat kabar tersebut, pada beberapa tahap operasi, pesawat-pesawat Rusia dikawal oleh jet tempur Jepang F-4, F-15 dan F-16. Kementerian Pertahanan menekankan bahwa patroli udara oleh pesawat Rusia diadakan dengan ketat sesuai peraturan internasional  seperti disitir dari Sputnik, Rabu (21/2/2018).

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa penerbangan oleh Angkatan Udara Rusia dilakukan sesuai dengan peraturan internasional mengenai penggunaan wilayah udara di atas perairan netral.

Tahun sebelumnya, kementerian tersebut melaporkan bahwa dua pembom strategis Rusia dengan model yang sama diikuti oleh dua pesawat tempur F-18 Angkatan Udara AS, serta pesawat tempur F-15, F-4, dan F-2A Jepang.



Pesawat Tu-95MS adalah versi perbaikan dari Tu-95 yang lebih tua. Pesawat bermesin empat ini dapat dipersenjatai dengan berbagai macam senjata termasuk rudal jelajah berhulu ledak nuklir.

Pada akhir tahun lalu, sepasang pesawat pengebom strategis milik Rusia yang mampu membawa bom nuklir ini melakukan patroli di kawasan Pasifik Selatan. Dua pesawat itu terbang dari pangkalan militer di Biak, Indonesia. Patroli itu yang pertama dari jenisnya untuk Angkatan Udara Rusia dan tanpa insiden, meskipun kondisi cuaca tidak baik.

Baca juga:
Pesawat Tu-95 Rusia Berkemampuan Nuklir Patroli Pasifik dari Indonesia
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak