Korsel Berencana Lanjutkan Latihan Gabungan dengan AS

Selasa, 20 Februari 2018 - 22:14 WIB
Korsel Berencana Lanjutkan Latihan Gabungan dengan AS
Korsel Berencana Lanjutkan Latihan Gabungan dengan AS
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) dilaporkan berencana untuk melanjutkan latihan gabungan dengan Amerika Serikat (AS) dalam waktu dekat. Latihan gabungan tersebut adalah sesuatu hal yang selalu mendapat protes keras dari Korea Utara (Korut).

"Korsel akan melanjutkan latihan militer musim semi bersama dengan AS, meskipun ada penolakan dari pihak Korut," kata Kementerian Pertahanan Korsel, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (20/2).

Latihan gabungan, yang rutin dilakukan oleh Korsel dan AS setiap tahunnya dihentikan sementara pada awal tahun ini, untuk mendukung pembicaraan antara Seoul dan Pyongyang mengenai keterlibatan Korut di olimpiade musim dingin yang berakhir pada akhir pekan lalu.

Namun, dengan berakhirnya perhelatan olahraga tersebut, Seoul kembali melanjutkan rencana latihan gabungan dengan AS. Hanya saja, sampai saat ini Kemhan Korsel belum mengungkapkan kapan pastinya latihan itu akan kembali digelar.

Sejauh ini belum ada pernyataan apapun dari pihak Korut mengenai kelanjutan rencana latihan gabungan antara AS dan Korut. Sejumlah pihak mengkhawatirkan latihan ini akan membuat situasi di Semenanjung Korea, yang saat ini tengah dalam kondisi baik, akan kembali memburuk.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4776 seconds (0.1#10.140)