alexametrics

Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini

loading...
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat, USS George HW Bush. Foto/US Navy
A+ A-
JAKARTA - Kapal induk menjadi salah satu simbol raksasa Angkatan Laut sebuah negara meski biaya pembangunan dan operasionalnya sangat besar. Kapal raksasa ini menjadi rumah sekaligus landasan pacu pesawat-pesawat jet tempur canggih ketika dalam patroli militer maupun perang.

Angkatan Laut Amerika Serikat mengandalkan kapal induk sebagai pelindung kedaulatan Washington dan sesekali jadi “penggertak” negara musuh. Rata-rata, operasional kapal raksasa AS ini didukung oleh reaktor nuklir ganda.

Mantan Menteri Pertahanan William Cohen sangat suka mengatakan bahwa tanpa ”flattops”, AS memiliki ”suara yang kurang” atau “kurang pengaruhnya” di dunia. Terbukti, banyak negara dunia juga percaya argumennya tersebut.

Beberapa tahun terakhir masyarakat internasional disuguhi pemandangn dan laporan perkembangan banyak kapal induk. Beberapa negara, seperti India dan Spanyol mengundurkan diri dari pengembangan kapal induk.

Sedangkan China menugaskan kapal induk pertamanya, dan Inggris pamer kapal induk yang diklaim eksklusif.

Secara keseluruhan, ada 20 kapal induk—mampu meluncurkan pesawat jet tempur—yang saat ini beroperasi di dunia. SINDOnews.com pada Senin (19/2/2018) merangkum daftar 20 kapal raksasa ini dengan sumber laporan Business Insider. Berikut daftarnya;

1. HMS Queen Elizabeth
Daftar 20 Kapal Induk yang Beroperasi di Dunia saat Ini
Foto/REUTERS
Kapal HMS Queen adalah kapal induk terbaru Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan saat ini jadi satu-satunya yang aktif di korps militer.

Tahun Ditugaskan: 2017.

Sistem Propulsi: Kapal ini mengandalkan dua alternator turbin gas Rolls-Royce Marine dan empat mesin diesel.

Sejarah: HMS Queen Elizabeth adalah kapal utama di kelasnya dan salah satu kapal induk terbaru di dunia. Saat ini menjadi satu-satunya yang aktif di Inggris. Namun, negara tersebut sedang dalam proses pembangunan kapal induk HMS Prince of Wales.

Kapal yang namanya diambil dari nama ratu Inggris tersebut mulai dibangun pada bulan Juli 2009 dan rampung pada bulan Juli 2014. Kapal ditugaskan secara resmi pada bulan Desember 2017.

Keunikan dari kapal ini adalah memiliki dua menara kontrol, satu untuk operasi laut, dan satu lagi untuk operasi udara.

Kapal dapat membawa hingga 40 pesawat, dengan jet tempur F-35 sebagai jet sayap tetap utama untuk kapal. Moda tempur udara lain yang direncanakan untuk dibawa adalah helikopter Chinook, helikopter Apache AH MK1, helikopter pengangkut AW101 Merlin, dan helikopter AW159 Wildcat.

Baru-baru ini, HMS Queen Elizabeth berlabuh untuk pertama kalinya di pelabuhan luar negeri saat mengunjungi Gibraltar pada Februari 2018. Kapal dijadwalkn beroperasi penuh pada tahun 2020.
halaman ke-1 dari 14
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak